Ir. Sunardi (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH METODE ROASTING DARI BEBERAPA PERBANDINGAN BIJI KOPI (COFFEE SP) ARABIKA DAN ROBUSTA TERHADAP KARAKTERISTIK ORGANOLEPTIK SEDUHAN


Penelitian ini bertujuan mempelajari pengaruh metode roasting dari beberapa perbandingan biji kopi arabika dan robusta yang tepat sehingga diperoleh seduhan kopi yang disukai oleh konsumen.
Penelitian ini menggunakan Rancangan Blok Lengkap (RBL) 2 faktor. Faktor pertama adalah metode roasting (A) dengan 3 taraf yaitu (A1 = metode roasting light), (A2 = metode roastin Medium), (A3 = metode roasting Dark). Faktor kedua adalah perbandingan biji kopi arabika dan robusta (B) dengan 3 taraf yaitu (B1 = arabika 5% : robusta 95%), (B2 = arabika 10% : robusta 90%), (B3 = arabika 15% : robusta 85%). Bubuk kopi yang dihasilkan dianalisis pH, kadar kafein, fisik warna, serta uji kesukaan, aroma, warna dan rasa.
Metode roasting biji kopi arabika dan robusta sangat berpengaruh terhadap pH, kadar kafein, fisik warna kopi bubuk tetapi tidak berpengaruh terhadap kesukaan aroma, warna dan rasa seduhan kopi. Perbandingan biji kopi arabika dan robusta berpengaruh terhadap fisik warna tetapi tidak berpengaruh terhadap pH, kadar kafein bubuk kopi, juga kesukaan aroma, warna dan rasa seduhan kopi. Kesukaan keseluruhan metode roasting tertinggi seduhan kopi 5,59 = suka terdapat pada A2 = metode roasting medium, didukung oleh pH 5,01 kadar kafein 2,99% fisik warna 53,64. Kesukaan keseluruhan tertinggi seduhan kopi 5,33 = agak suka terdapat juga pada B2 = perbandingan biji kopi arabika 10% dan robusta 90% yang didukung oleh pH 5,35 kadar kafein 3,04% fisik warna 52,76.
LOADING LIST...
gracelajoaquim@gmail.com
Ir. Sunardi (P) - Personal Name
Ir. Sri Hastuti MS - Personal Name
GRACELA NATALIA DE DEUS JOAQUI - Personal Name
+67074546384
NONE
Text
INSTIPER
2023
Yogyajarta
LOADING LIST...