Ir. Reni Astuti Widyowanti, M.Si.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMBUATAN RANSUM AYAM KAMPUNG UNGGULAN BALITNAK (KUB) DARI BUNGKIL INTI SAWIT


Ransum merupakan gabungan dari beberapa bahan yang disusun sedemikian rupa dengan formulasi tertentu untuk memenuhi kebutuhan ternak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui persentase penggunaan EM 4 pada proses fermentasi bungkil inti sawit terhadap sifat kimia ransum yang dihasilkan, mengetahui persentase perbandingan bungkil inti sawit fermentasi dengan ransum komersial terhadap sifat kimia ransum yang dihasilkan, dan mengetahui kombinasi bungkil inti sawit yang difermentasi dengan EM 4 dan ransum komersial yang menghasilkan peforma terbaik berstandar SNI untuk ayam kampung.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan blok lengkap (RBL) dengan 2 faktor. Faktor pertama yaitu penggunaan probiotik EM 4 untuk proses fermentasi bungkil inti sawit terhadap peforma ayam kampung, meliputi A1= 1%, A2= 2%, dan A3= 3% berdasarkan berat bungkil inti sawit dan ransum komerisal yang digunakan. Faktor kedua yaitu perbandingan bungkil inti sawit fermentasi dan ransum komersial yang terdiri dari B1= 20% : 80%, B2= 30% : 70%, dan B3= 50% : 50%.
Persentase penggunaan EM 4 pada proses fermentasi BIS tidak berpengaruh nyata pada sifat kimia (kadar air, kadar abu, serat kasar, lemak kasar dan protein kasar) dalam fermentasi bungkil inti sawit yang dihasilkan. Perbandingan bungkil inti sawit fermentasi dengan ransum komersial tidak berpengaruh pada sifat kimia (kadar air, kadar abu, serat kasar, lemak kasar dan protein kasar) dari ransum yang dihasilkan. Perbandingan bungkil inti sawit fermentasi 50% dengan ransum komersial 50% (A3B1) memberikan peforma terbaik ayam kampung berstandar SNI yang meliputi kadar protein 16,36% dan lemak kasar 21,49%, pada konsumsi ransum 1,96 g, pertambahan berat badan 12,22 g/hari dan konversi ransum 1,9990 %. Jadi dapat disimpulkan dari peforma ransum berstandar SNI terbaik diddapatkan A3B1.

LOADING LIST...
rajabangsawan98@gmail.com
081275767550
NONE
Text
INSTIPER
2023
Yogyakarta.
LOADING LIST...