Ir. Sunardi; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH JENIS PEREKAT DAN UKURAN PARTIKEL TERHADAP KARAKTERISTIK BIOPELLET DARI KULIT KAKAO "Theobroma cacao L"


PENGARUH JENIS PEREKAT DAN UKURAN PARTIKEL TERHADAP KARAKTERISTIK BIOPELLET DARI KULIT KAKAO “Theobroma Cacao L”
Intisari

Telah dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh jenis perekat dan ukuran partikel kulit buah kakao terhadap karakteristik biopellet yang dihasilkan serta menentukan jenis perekat dan ukuran partikel kulit buah kakao yang menghasilkan biopellet dengan nilai kalor tertinggi.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan Rancangan Blok Lengkap (RBL) dengan dua faktor. Faktor pertama adalah jenis perekat (A) yang terdiri dari 3 taraf yaitu : (A1) tepung tapioka, (A2) tepung sagu, (A3) getah pinus. Faktor kedua adalah variasi ukuran partikel(B) yang terdiri dari 3 taraf yaitu : B1 (10 mesh), B2 (20 mesh), B3 (30 mesh). Kemudian biopellet kulit kakao yang sudah jadi dianalisis kadar air, kadar abu, nilai kalor, tekstur dan karakteristik pembakaran. Data yang diperoleh diuji keragamannya dan untuk mengetahui perbedaan yang berbeda nyata diuji dengan Duncan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis perekat berpengaruh terhadap kadar abu tetapi tidak berpengaruh terhadap kadar air, nilai kalor, tekstur dan karakteristik pembakaran. Variasi ukuran partikel berpengaruh terhadap kadar air, kadar abu, nilai kalor dan karakterisitk pembakaran tetapi tidak berpengaruh terhadap tekstur. Nilai kalor tertinggi (4.950,80 kal/g) diperoleh dari jenis perekat tepung tapioka dan ukuran partikel 30 mesh.

Kata kunci : biopellet, kulit kakao, tapioka, sagu, getah pinus

LOADING LIST...
deborasumbayak9@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...