Ir. Sunardi; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

FORMULASI TEH REMPAH DENGAN PENAMBAHAN KULIT BUAH NAGA (Hylocereus polyrhizus) DAN BUNGA ROSELLA (Hisbiscus sabdariffa L.) SEBAGAI PEWARNA ALAMI


FORMULASI TEH REMPAH DENGAN PENAMBAHAN KULIT BUAH NAGA (Hylocereus polyrhizus) DAN BUNGA ROSELLA (Hisbiscus sabdariffa L.) SEBAGAI PEWARNA ALAMI

INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh formulasi teh rempah dengan penambahan kulit buah naga dan bunga rosella terhadap sifat – sifat teh rempah yang dihasilkan. dan menemukan formulasi teh rempah (Kayu manis-Cengkeh-Jahe-Serai) dengan penambahan kulit buah naga dan bunga rosella yang paling disukai dan memiliki aktivitas antioksidan yang paling tinggi.
Penelitian dilakukakan dengan Rancangan Blok Lengkap (RBL) dengan faktor pertama adalah komposisi bahan rempah terdiri dari 4 taraf yaitu: A1 = Kayu manis (30%), Cengkeh(20%), Jahe(20%), Serai(20%), A2 = Kayu manis (20%), Cengkeh(30%), Jahe(20%), Serai(20%), A3 = Kayu manis (20%), Cengkeh(20%), Jahe(30%), Serai(20%), A4 = Kayu manis (20%), Cengkeh(20%), Jahe(20%), Serai(30%). Faktor kedua adalah jenis pewarna alami terdiri dari 2 taraf yaitu: B1 = Bunga rosella (10 %), dan B2 = Kulit buah naga (10 %). Pada Teh rempah ini dianalisis kadar air, kadar abu, aktivitas antioksidan, uji warna versi Munsell, dan uji Kesukaan (hedonic) terhadap warna, aroma dan rasa.
Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa komposisi bahan rempah berpengaruh nyata terhadap aktivitas antioksidan, tetapi tidak berpengaruh terhadap kadar air, kadar abu, dan uji warna versi Munsell. Jenis pewarna alami berpengaruh nyata terhadap kadar abu dan uji warna versi Munsell tetapi tidak berpengaruh terhadap kadar air, dan aktivitas antioksidan. Teh rempah yang disukai konsumen dari keseluruhan adalah formulasi A4B2 yaitu bahan rempah yang dominan serai dan menggunakan pewarna kulit buah naga dan memiliki aktivitas antioksidan sebesar 80,28%. Teh rempah ini memperlihatkan aktivitas antioksidan yang paling tinggi dari semua formulasi adalah A2B1 yaitu komposisi bahan (A) rempah yang dominan cengkeh dan menggunakan jenis pewarna alami (B) bnga rosella dengan aktivitas antioksidan sebesar 86,19% .
Kata kunci: formulasi teh rempah, antioksidan, kulit buah naga, serai, cengkeh

LOADING LIST...
hannysinaga16@gmail.com
Ir. Sunardi - Personal Name
Ir. Kusumastuti, MSC. (P) - Personal Name
Hanny Christy Sinaga - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...