Ir. Sunardi; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH VARIETAS BERAS DAN SUMBER ANTOSIANIN TERHADAP KARAKTERISTIK BERAS INSTAN


PENGARUH VARIETAS BERAS DAN SUMBER ANTOSIANIN TERHADAP KARAKTERISTIK BERAS INSTAN

INTISARI

Penelitian bertujuan untuk mempelajari pengaruh varietas beras dan sumber antosianin terhadap sifat fisik, kimia dan organoleptik nasi instan yang dihasilkan, mengetahui aktivitas antioksidan tertinggi pada beras instan dan mendapatkan varietas beras dan jenis antosianin yang menghasilkan beras instan yang disukai konsumen.
Penelitian dilakukakan dengan rancangan blok lengkap (RBL) dengan 2 faktor yaitu faktor pertama variasi beras yaitu IR-64 (A1), Rojolele (A2), Ciherang (B3) dan faktor kedua sumber antosianin yaitu bunga telang (B1), kulit buah naga (B2), kulit manggis (B3). Analisis yang dilakukan adalah analisis antosianin, aktivitas antiosidan, kadar air, kadar gula reduksi dan uji organoleptik (warna, aroma, tekstur, rasa).
Hasil yang didapatkan sesuai dengan tujuan penelitian yaitu varietas beras dan sumber antosianin berpengaruh terhadap aktivitas antioksidan dan kesukaan warna akan tetapi tidak berpengaruh terhadap kadar air, gula reduksi, kesukaan aroma, tekstur dan rasa beras instan. Aktivitas antioksidan tertinggi terdapat pada sumber antosianin yang berupa kulit buah naga dengan rerata 75,23%. Beras instan yang memiliki kandungan antioksidan tertinggi adalah beras instan dengan varietas rojolele (A2) dan sumber antosianin dari kulit buah naga (B3). Beras instan yang paling disukai panelis adalah beras instan dengan varietas rojolele (A2) dan sumber antosianin dari bunga telang (B1).

LOADING LIST...
Irenesidabutar.is@gmail.com
Ir. Sunardi - Personal Name
Dr. Maria Ulfah, S.TP., MP (P) - Personal Name
irene S. Sidabutar - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
yogyakarta
JL. Nangka II, Maguwoharjo, Depok Sleman
LOADING LIST...