Ir. Sunardi; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMANFAATAN TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT DAN BIO-SLURRY SEBAGAI MEDIA BUDIDAYA CACING LUMBRICUS RUBELLUS


Pemanfaatan Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS) sebagai media budidaya cacing lumbricus rubellus bertujuan untuk yang pertama, dapat mengurangi limbah industri kelapa sawit karena selama ini pemanfataan limbah tandan kosong kelapa sawit sangat terbatas yaitu ditimbun (open dumping) dan dibakar dalam incinerator padahal setiap pengolahan 1 ton tandan buah segar akan dihasilkan tandan kosong kelapa sawit sebanyak 22-23% atau 220-230 kg. Pemanfaatan yang kedua, yaitu dapat memudahkan penemuan terhadap cacing lumbricus rubellus karena cacing ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia.
Penelitian ini menggunakan Rancangan Blok Lengkap 2 faktor (RBL). Faktor pertama adalah jenis kompos (A) yang terdiri dari dua taraf (A1=kompos komersial, A2=kompos tandan kosong) dan faktor yang kedua adalah perbandingan jenis kompos dengan bio-slurry (B) yang terdiri dari 4 taraf, (B1= 100:0, B2= 75:25, B3= 50:50, B4= 25:75) masing-masing diulangi sebanyak 3 kali selama 30 hari. Pengamatan dalam penelitian ini adalah kadar air dalam cacing, panjang cacing, kandungan protein, lemak dan kadar abu.
Hasil penelitian menunjukan bahwa yang pertama, jenis kompos mempengaruhi panjang cacing dan perbandingan kompos dengan bio-slurry berpengaruh sangat nyata terhadap panjang cacing. Kedua, Pada faktor jenis kompos dan perbadingan kompos dengan Bio-slurry terdapat interkasi sehingga berpengaruh nyata terhadap kadar protein pada cacing dan perbandingan kompos dengan bio-slurry berpengaruh sangat nyata terhadap kandungan protein pada cacing. Ketiga, Perbandingan jenis kompos dengan Bio-slurry berpengaruh sangat nyata terhadap kadar abu pada cacing. Keempat, jenis kompos tidak berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan kadar lemak dan Jenis kompos tidak berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan kadar lemak. Kelima Jenis kompos tidak berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan kadar lemak dan Perbandingan jenis kompos dan bio-slurry berpengaruh sangat nyata terhadap kadar air pada cacing.


LOADING LIST...
fajareffendi08@gmail.com
Ir. Sunardi - Personal Name
Ngatirah, SP MP (P) - Personal Name
Fajar Effendi - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
Yogaarta
LOADING LIST...