Ir. Sunardi; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pembuatan pellet ikan alternatif dengan variasi penambahan lemna sp dan bungkil kelapa sawit


PEMBUATAN PELLET IKAN ALTERNATIF DENGAN
VARIASI PENAMBAHAN LEMNA SP DAN
BUNGKIL KELAPA SAWIT

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbandingan lemna sp dan bungkil kelapa sawit serta mendapatkan formulasi pakan ikan dari lemna sp dan bungkil kelapa sawit yang memenuhi standard SNI. menentukan jumlah perbandingan pencampuran lemna sp dan bungkil kelapa sawit yang paling baik dalam pembuatan pakan ikan alternatif.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian eksperimental. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Blok Lengkap (RBL) dengan dua faktor dengan dua kali ulangan. Faktor I yaitu persentase penambahan lemna sp (A) dengan taraf faktor A1 (0 %), A2 (10 %) dan taraf faktor A3 (15%). Faktor II yaitu persentase penambahan bungkil kelapa sawit (B) dengan taraf faktor B1 (0%), B2 (5%) dan taraf faktor B3 (10%). Analisa kualitas dari pakan ikan yang dihasilkan kadar air, kadar abu, kadar protein, kadar lemak, kadar serat dan daya apung. Data yang diperoleh dianalisis keragamannya dan untuk mengetahui perlakuan yang berbeda nyata dilanjutkan uji DUNCAN.
Penambahan lemna sp berpengaruh terhadap kadar air, kadar protein dan kadar serat tetapi tidak berpengaruh terhadap kadar abu, kadar lemak dan Daya Apung. Penambahan bungkil inti kelapa sawit berpengaruh terhadap kadar air, kadar protein dan kadar serat tapi tidak berpengaruh terhadap kadar abu, kadar lemak dan Daya Apung. Berdasarkan SNI 01-408-2006, formula pakan ikan yang sesuai dengan SNI yaitu, dengan penambahan lemna sp sebanyak 15% dan penambahan bungkil sebanyak 10% didapatkan nilai kadar air sebesar 10,97%, kadar protein sebesar 19,51%, kadar serat sebesar 29,42%, dan kadar lemak 6,32%. Sedangkan kadar abu 19,60% tidak sesuai dengan SNI

Kata kunci : lemna sp , bungkil kelapa sawit dan pakan ikan


LOADING LIST...
Ir. Sunardi - Personal Name
Ngatirah, SP. MP (P) - Personal Name
I.G Arya Janaka Surya Ia Adipratama - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
LOADING LIST...