Ir. Adi Ruswanto, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA STUDI KASUS DI PABRIK KELAPA SAWIT (PKS) PT. XYZ PROVINSI KALIMANTAN TENGAH


ABSTRAK
ANALISIS PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA STUDI DI PABRIK KELAPA SAWIT (PKS) PT. XYZ PROVINSI KALIMANTAN TENGAH
Penelitian ini bertujuan untuk mengevalusi pelaksanaan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja, dan mengidentifikasi bahaya yang ada di pabrik kelapa sawit.
Rancangan penelitian ini merupakan jenis penelitian survei dengan metode deskriptif yaitu dengan menggambarkan seluruh pelaksanaan program keselamatan dan kesehatan kerja pada pabrik kelapa sawit yang dilaksanakan di lokasi penelitian. Pengumpulan data menggunakan dua cara yaitu data primer, data yang di peroleh dari responden dengan cara kuisioner dan wawancara. Kemudian data sekunder, data yang diperoleh dari undang – undang, literatur, pendapat para ahli, perusahaan. Responden penelitian terdiri dari 60 orang berasal dari 57 pekerja pada proses pengolahan tandan buah segar terdiri dari 3 shift, 1 manager pabrik, 1 asisten maintenance, 1 asisten proses.
Hasil penelitian ini menunjukkan rata – rata umur yang pekerja banyak di dominasi usia di bawah atau sama dengan 35 tahun, lama kerja 2 – 4 tahun, dan tingkat pendidikan sekolah menegah atas atau sederajat. Kemudian evaluasi penerapan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja pada bulan Oktober sampai November sudah terlaksana pembuatan daftar MSDS, pemasangan APAR, pembuatan form APD, training K3, training 5R/5S. Kemudian data penyakit yang di derita pekerja yaitu myalgia, ISPA, dermatitis, conjunctivitis, yang memiliki persentase tertinggi di tahun 2018. Sedangkan potensi bahaya pada pabrik kelapa sawit adalah terjatuh dari ketinggian, terpeleset, gangguan pendengaran, dan terkena uap panas. Berdasarkan peraturan pemerintah Republik Indonesia Nomor 50 Tahun 2012 pasal 1 ayat 1 yaitu sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja yang selanjutnya di singkat SMK3 adalah bagian dari sistem manajemen perusahaan secara keseluruhan dalam rangka pengendalian resiko yang berkaitan dengan kegiatan kerja guna terciptanya tempat kerja yang aman, efisien dan produktif, lalu PT. XYZ sudah mendapatkan sertifikat audit SMK3 menyatakan bahwa PT. XYZ telah menerapkan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja, namun dari hasil pembahasan masih banyak resiko bahaya dan kecelakaan yang belum terkendali.
Kata kunci : SMK3, APD, Penerapan, K3, APAR, PKS.


LOADING LIST...
robisiswoyo09@gmail.com
Ir. Adi Ruswanto, MP (P) - Personal Name
Ir. Sunardi - Personal Name
Robi Siswoyo Wibowo - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...