Ir. Sunardi; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMBUATAN GEL ANTIACNE DENGAN VARIASI EKSTRAK DAUN JAMBU BIJI (Psidium guajava Linn) DAN CMC DARI TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT (TKKS)


Telah dilakukan penelitian tentang pembuatan gel antiacne dengan variasi ekstrak daun jambu biji (Psidium guajava Linn) dan CMC dari tandan kosong kelapa sawit (TKKS). Penelitian yang bertujuan untuk memperoleh formula gel antiacne dengan sifat anti bakteri yang tinggi dan disukai konsumen.
Penelitian dilakukan dengan Rancangan Blok lengkap (RBL) 2 faktor, faktor pertama adalah variasi CMC dengan taraf D1 (2%), D2 (4%), D3 (6%). faktor kedua yakni penambahan ekstrak daun jambu biji dengan taraf M1 (3%), M2 (5%), M3 (7%). Penelitian dilakukan dengan mengkombinasikan 2 faktor tersebut. Gel antiacne yang diperoleh dianalisis meliputi analisis kadar tanin, viskositas, pH, daya sebar, potensi anti bakteri dan uji sensorik. Data yang diperoleh diuji keragamannya untuk mengetahui perlakuan yang berbeda dengan uji Duncan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa variasi konsentrasi CMC berpengaruh terhadap kadar tanin, viskositas, pH, daya sebar, potensi anti bakteri dan kesukaan tekstur tetapi tidak berpengaruh terhadap kesukaan warna dan aroma. Sedangkan variasi konsentrasi Ekstrak Daun Jambu Biji berpengaruh terhadap viskositas, pH, potensi anti bakteri, kesukaan warna dan aroma tetapi tidak berpengaruh terhadap kadar tanin, pH serta kesukaan tekstur. Produk yang mempunyai potensi anti bakteri tertinggi adalah D3M3 yaitu CMC 6% dan ekstrak daun jambu biji 7% yang memiliki potensi anti bakteri 0,75 cm dan viskositas 2452,5 dPas. Kesukaan keseluruhan tertinggi gel antiacne (4,5= agak disukai) terdapat pada perlakuan D2 yaitu CMC 4% yang didukung oleh kadar tanin 0,38 mg/kg, viskositas 213,33 dPas, pH 7,1, daya sebar 7,76 cm dan potensi anti bakteri 0,55 cm. Kesukaan keseluruhan tertinggi gel antiacne (4,65= agak disukai) terdapat pada perlakuan M1 yaitu ekstrak daun jambu biji 3% yang didukung oleh kadar tanin 0,23 mg/kg, viskositas 639,35 dPas, pH 6,91, daya sebar 9,27 cm dan potensi anti bakteri 0,41 cm.

Kata kunci : antiacne, daun jambu biji, CMC.
LOADING LIST...
aribetrandu@gmail.com
Ir. Sunardi - Personal Name
ARI BETRANDU - Personal Name
Ir. Kusumastuti, MSc (P) - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...