Ir. Sunardi; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGGUNAAN ABU SEKAM PADI UNTUK PEMURNIAN BIODIESEL MINYAK KEMIRI SUNAN (Reutealis Trisperma)


Penelitian tentang penggunaan abu sekam padi untuk pemurnian biodiesel minyak kemiri sunan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio mol minyak : metanol dengan konsentrasi abu sekam padi terhadap kualitas biodiesel yang dihasilkan dan mengetahui rasio mol minyak : metanol dengan konsentrasi abu sekam padi untuk membuat biodiesel yang sesuai dengan SNI.
Penelitian dilakukan dengan Rancangan Blok Lengkap (RBL) dengan dua faktor. Faktor pertama adalah rasio mol minyak : metanol terdiri dari M1 (1:3), M2 (1:4,5), dan M3 (1:6). Faktor kedua adalah konsntrasi abu sekam padi terdiri dari D1 (1%), D2 (3%), dan D3 (5%). Gugus fungsional abu sekam padi menggunakan FTIR (Fourier Tranform Infra Red) dan luas area spesifik di analisis berdasarkan daya adsorpsi methylene blue. Karakterisasi sifat fisikokimia biodiesel minyak kemiri sunan meliputi densitas, viskositas, angka asam, angka penyabunan, dan kadar metanol. Data yang diperoleh di uji keragamannya dan untuk mengetahui perlakuan yang berbeda di uji dengan uji Duncan.
Rasio mol minyak : metanol berpengaruh terhadap viskositas dan angka asam biodiesel minyak kemiri sunan tetapi tidak berpengaruh terhadap densitas dan angka penyabunan. Konsentrasi abu sekam padi tidak berpengaruh terhadap densitas, viskositas, angka asam, dan angka penyabunan. Biodiesel minyak kemiri sunan yang di hasilkan dengan rasio mol minyak : metanol (1:4,5) dengan densitas 0,8888 g/ml, viskositas 2,1 cp, angka asam 1,8464 mgKOH/g, dan angka penyabunan 189,33 mgKOH/g. Konsentrasi abu sekam padi 1% mampu memurnikan biodiesel sehingga di peroleh densitas 0,88 g/ml, viskositas 2,67 cp, angka asam 2,06 mgKOH/g, dan angka penyabunan 181,85 mgKOH/g telah sesuai SNI 7182:2015. Namun, angka asam yang masih belum memenuhi SNI 7182:2015.


Kata kunci : Biodiesel, minyak kemiri sunan, metanol, abu sekam padi

LOADING LIST...
Darmaja08@gmail.com
Ir. Sunardi - Personal Name
Darmaja - Personal Name
Dr. Maria Ulfah, STP. MP - p - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...