Dr. Ir. Ida Bagus Banyuro Partha, MS (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

FORMULASI TEPUNG BONGGOL PISANG (Musa paradisiaca L.) DAN TEPUNG TERIGU UNTUK PEMBUATAN MIE SPAGHETTI


Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh bonggol pisang varietas berbeda dan formulasi yang tepat antara tepung bonggol pisang dengan tepung terigu serta karakteristik spaghetti untuk menghasilkan spaghetti yang disukai konsumen.
Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap yang terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama yaitu varietas pohon pisang yang diambil bonggolnya (A) terdiri dari 3 taraf (A1 = bonggol kepok, A¬2 = bonggol raja, A3 = bonggol batu) dan faktor kedua adalah perbandingan tepung bonggol pisang dengan tepung terigu (B) terdiri dari 3 taraf (B1 = 10%:90%, B2 = 20%:80%, B3 = 30%:70%)masing-masing diulang 2 kali. Spaghetti yang dihasilkan dianalisis kadar air, abu, lemak, serat, protein, karbohidrat, uji kelenturan, serta uji organoleptik kesukaan aroma, warna, rasa, dan tekstur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bonggol pisang dengan varietas pohon pisang yang berbeda berpengaruh terhadap kadar protein, kelenturan, aroma dan warna spaghetti, tetapi tidak berpengaruh terhadap kadar air, abu, lemak, serat, karbohidrat, rasa, dan tekstur spaghetti. Perbandingan tepung berpengaruh terhadap kadar air, serat, dan protein spaghetti, tetapi tidak berpengaruh terhadap kadar abu, lemak, karbohidrat, kelenturan, aroma, warna, rasa, dan tekstur spaghetti. Kesukaan keseluruhan tertinggi spaghetti (4,50 = agak suka) terdapat pada spaghetti dengan bonggol pisang batu yang didukung oleh kadar air 10,34%, abu 5,10%, lemak 7,91%, serat 5,29%, protein 10,07%, karbohidrat 61,28%, dan kelenturan 0,28 N. Kesukaan keseluruhan tertinggi spaghetti (4,40 =netral) terdapat pada spaghetti dengan perbandingan tepung bonggol 10%:90% tepung terigu yang didukung oleh kadar air 10,59%bk, abu 4,54%, lemak 8,04%, serat 4,15%, protein 10,74%, karbohidrat 61,79%, dan kelenturan 0,18 N.

Katakunci : varietas pohon pisang, perbandingan tepung bonggol pisang dengan terigu, spaghetti
LOADING LIST...
msyapii60@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...