Detail Cantuman Kembali
Pemasaran Singkong diDesa Aek Nauli II Kecamatan Bandar Huluan, Kabupaten Simalungun
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Saluran pemasaran singkong danefisiensi pemasaran singkong di desa Aek Nauli II Kecamatan Bandar Huluan, Kabupaten Simalungun, Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling . Purposive sampling adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Sehingga data yang diperoleh lebih representatif dengan melakukan proses penelitian yang kompeten dibidangnya. Untuk metode analisis data menggunakan rumus langsung dan melakukan studi kasus. Hasil penelitain menunjukkan bahwa di Desa Aek Nauli II menggunakan dua saluran untuk memasarkan hasil panen Singkong yaitu, saluran pemasaran I adalah Petani
– Tengkulak – Pedagang Pengepul – Konsumen Industri, dan untuk pemasaran saluran II adalah Petani – Pedagang Pengepul - Konsumen Industri.
Efisiensi pemasaran di Desa Aek Nauli II sudah efisien, yang paling efisien adalah saluran pemasaran II sebesar 8,57% , untuk nilai efisiensi saluran pemasaran I sebesar 17,14%. Margin pemasaran di saluran I sebesar 850 Rp/Kg untuk saluran II sebesar 350 Rp/Kg, Nilai Farmer’ssharenya sudah efisien dengan nilai di saluran I 51, 42 % dan saluran II 80%.
Kata kunci: Pemasaran, Singkong, Efisiensi
LOADING LIST...
togarmarasil@gmail.com
Togar Marasil Yustisio Purba - Personal Name
Tri Endar Suswatiningsih, SP., MP - Personal Name
Dr. Ismiasih, M.TP., MSc (P) - Personal Name
Tri Endar Suswatiningsih, SP., MP - Personal Name
Dr. Ismiasih, M.TP., MSc (P) - Personal Name
081260929522
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2023
YOGYAKRTA
LOADING LIST...