Ir. Rochmadi, MBA; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Analisa Steam Balance dan Kehilangan Panas di Pabrik Kelapa Sawit


ANALISA STEAM BALANCE DAN KEHILANGANPANAS
DI PABRIK KELAPA SAWIT

INTISARI
Penelitian ini berjudul analisa steam balance dan kehilangangan steam di pabrik kelapa sawit. Produksi steam yang tidak sesuai dengan kapasitas pabrik dan kehilangan steam saat distribusi steam ke proses yang melatar belakangi penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah kebutuhan steam pada pabrik kelapa sawit, mengetahui jumlah kebutuhan steam pada turbin, mengetahui jumlah kebutuhan steam untuk proses, mengetahui jumlah kehilangan steam pada proses.
Penelitian ini dilakukan dengan metode observasi. Dengan cara mengobservasi dan menghitng kualitas bahan bakar, kuantitas bahan bakar, nilai kalor bahan bakar dan kebutuhan bahan bakar di boiler. Selain bahan bakar, produksi steam di boiler, kebutuhan steam di turbin, dan kebuthan steam untuk proses (Stasiun sterilizer, digester, clarification, pengeringan inti, daerator, feed water tank, dan palm oil storage tank) juga diobservasi dan dihitung. Setelah melakukan observasi dan menghitung, produksi steam pada boiler, kebutuhan steam di turbin, kebutuhan steam untuk proses dan kehilangan steam pada proses akan diketahui.
Hasil penelitian menunjukkan untuk troughput pabrik kelapa sawit 36,77 ton/jam, maka kebutuhan steam yang di produksi pabrik kelapa sawit adalah 22.072 kg steam/jam. Bahan bakar yang dibutuhkan untuk membangkitkan steam 22.07 Ton steam/jam adalah 5184 Kg fiber dan 1462.36 Kg shell. Di turbin yang memiliki specific steam consumption 27,69 kg steam/kw, maka kebutuhan steam di turbin adalah 19.285,67 kg steam/jam. Kebutuhan steam untuk proses adalah kebutuhan steam yang di konsumsi stasiun-stasiun untuk produksi kelapa sawit yang berjumlah 19.539,98 kg steam/jam. Kehilangan steam pada proses adalah jumlah steam yang diproduksi oleh boiler dikurangi kebutuhan steam untuk proses yaitu 2.532,02 kg steam/jam.
Kata Kunci : Steam balance, bahan bakar, kebutuhan steam, kehilangan steam, proses.

LOADING LIST...
dewo1201@gmail.com
Ir. Rochmadi, MBA - Personal Name
Dr. Ir. Hermantoro, MS (P) - Personal Name
Randy Dewo Paradena - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2018
YOGYAKRTA
LOADING LIST...