Dr. Ir. Hermantoro, MS (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

SWING BLADE PADA AIRLOCK FIBRE CYCLONE DI UNIT PADANG HALABAN MILL


Airlock adalah alat yang berfungsi untuk menciptakan keadaan vakum di dalam fibre cyclone sehingga fibre akan jatuh karena gaya gravitasi dan udara akan naik menuju fan. Di pabrik Padang Halaban Mill Kecamatan Aek Kuo tingkat breakdown airlock cukup tinggi karena menumpuknya fibre halus di cover plate airlock. Sehingga mengakibatkan kegagalan fungsi pada fibre cyclone. Dalam 7 bulan sebelum penelitian ini telah terjadi kerusakan sebanyak 11 kali, dengan total waktu kerusakan yaitu 17.68 jam dan setiap bulanya membutuhkan waktu 2.5 jam untuk melakukan perbaikan. Estimasi total kerugian finansial dan material yang disebabkan dari breakdownnya airlock yaitu Rp. 10.163.398,-/bulan.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dilakukan modifikasi pada cover plate airlock fibre cyclone dengan menambahkan swing blade pada airlock. Sehingga diharapkan fibre yang tertumpuk pada cover plate airlock dapat terbuang secara continyu.
Telah dilakukan uji coba pemasangan swing blade menggunakan 4 macam material. Hasil terbaik , yang menghasilkan hasil tampungan fibre yang paling banyak yaitu 463.38 gram/ 0,5 jam, adalah pemakaian material almunium 0,6 mm dengan pendorong. Setelah swing blade dipasang di pada tanggal 30 Juli 2017 sampai dengan 30 januari 2018 tidak terjadi lagi kerusakan di airlock sehingga tidak perlu lagi mengeluarkan biaya over time dan material.

LOADING LIST...
ilhamtami29@yahoo.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2018
yogyakarta
LOADING LIST...