Yesi Septikarani; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Struktur anatomi kayu jati rakyat berbeda umur pada posisi radial yang berbeda


Hutan adalah suatu wilayah yang memiliki banyak tumbuh-tumbuhan lebat yang di dalamnya terdapat pohon, semak, paku-pakuan, rumput, jamur serta hewan yang ada di dalamnya dan menempati daerah yang cukup luas sehingga menciptakan keseimbangan biologis yang baik karena saling berinteraksi satu sama lain. Pohon jati merupakan salah satu pohon yang memiliki keunggulan kualitas terbaik, baik di Pulau Jawa maupun di luar daerah pulau jawa. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh umur dan posisi radial kayu terhadap struktur anatomi kayu jati rakyat yang meliputi proporsi sel jari-jari, proporsi sel pembuluh, proporsi sel serat dan proporsi sel parenkim.
Penelitian ini dilakukan di Desa Kepek Banyusoco Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Rancangan yang digunakan dalam penelitian adalah rancangan acak lengkap yang disusun secara faktorial, selanjutnya data dianalisis dengan analisis varians, hasil analisis yang berbeda nyata diuji lebih lanjut dengan uji Least Significant Difference (LSD). Penelitian ini menggunakan 2 faktor yaitu umur (6, 8 dan 10 tahun) dan posisi radial (dekat kulit, antara kulit dan hati dan dekat hati). Parameter yang diamati meliputi: proporsi sel jari-jari, proporsi sel pembuluh, proporsi sel serat dan proporsi sel parenkim.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proporsi sel jari-jari sebesar 23,55 %, proporsi sel pembuluh 19,19 %, proporsi sel serat sebasar 46,18 % dan proporsi sel parenkim 11,08 %. Analisis varians umur menunjukkan pengaruh nyata hanya pada proporsi sel jari-jari, sedangkan posisi radial menunjukkan pengaruh nyata terhadap proporsi sel jari-jari, sel pembuluh dan sel parenkim. Oleh karena itu disarankan kayu jati agar digunakan untuk bahan dasar pembuatan furnitur, meubel serta bahan kontruksi lainnya.

LOADING LIST...
yesiseptika@gmail.com
Yesi Septikarani - Personal Name
Ir. Sushardi S.Kh MP - Personal Name
Didik surya hadi S.Hut MP - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2018
YOGYAKRTA
LOADING LIST...