Ir. Rawana, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

IDENTIFIKASI GANGGUAN HUTAN DI TAMAN NASIONAL LAIWANGI WANGGAMETI Desa Praingkareha, Kecamatan Tabundung, Kabupaten Sumba Timur


INTISARI

Gangguan hutan masih terjadi di Tanam Nasional Laiwangi Wanggameti. Besarnya gangguan hutan yang diakibatkan oleh masyarakat yang berada disekitar kawasan hutan berpengaruh terhadap pelestarian alam. Berbagai upaya telah ditempuh oleh pihak Taman Nasional untuk mengatasi berbagai gangguan hutan. Oleh karena itu, penelitain ini perlu dilakukan untuk mengindentifiakasi gangguan hutan di Taman Nasional Laiwangi Wanggameti, Resort Praingkareha, Desa Praingkareha, Kabupaten Sumba Timur.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi lapangan untuk melihat gangguan hutan berupa bekas tunggak perncurian kayu, proses wawancara melalui tanya jawab dan pembagian kuisioner kepada responden. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 20 orang. Data yang telah diperoleh dari lapangan kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki.
Hasil penelitian ditemukan gangguan keamanan kawsan berupa pencurian kayu dan perambahan. Dampak gangguan terjadi baik secara langsung dan tidak lanngsung. Secara langsung berkurangnya populasi pohon, terganggunya kesuburan tanah, keanekaragaman hayati, keseimbagnan air, rusakna kompetisi tegakan dan rusaknya potensi wisata alam. Dampak tidak langsung yaitu terganggunya adat masyarakat (kearifak lokal), terjadinya konflik antara masyarakat sekitar, hilangnya mata pencaharian, dan terjadinya kerusakan jalan.

Kata Kunci :Gangguan Hutan, Faktor Pencurian Kayu, Dampak Pencurian Kayu Taman Nasional Laiwangi Wanggameti

LOADING LIST...
dendiumbu1993@gmail.com
Ir. Rawana, MP (P) - Personal Name
Ir. Agus Prijono, MP - Personal Name
Dolvi Umbu Hiwa Lamba Nggeding - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2018
yogyakarta
LOADING LIST...