Dra. Suprih Wijayani, M. Si.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH MEDIA DAN PEMUPUKAN TERHADAP PERKECAMBAHAN DAN PERTUMBUHAN GELAM (melaleuca sp.)


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis media dan pemupukan terhadap perkecambahan dan pertumbuhan kecambah gelam (Melaleuca sp).
Penelitian ini merupakan percobaan faktorial (2 x 3) yang disusun menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan menggunakan 2 faktor yaitu jenis media dan pemupukan. Jenis media yang digunakan yaitu media tanah liat, tanah aluvial dan batu bata, sedangkan perlakuan meliputi penggunaan pupuk dan tanpa pupuk (air). Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah hari pertama muncul kecambah gelam, hari muncul kecambah gelam terbanyak, hari terakhir muncul kecambah gelam, persentase kecambah gelam (viabilitas), rata-rata kecambah gelam terendah (cm), rata-rata kecambah gelam tertinggi (cm), dan rata-rata tinggi kecambah gelam (cm). Data dianalisis menggunakan analisis varians (ANOVA) dan apabila terdapat perbedaan nyata antar faktor perlakuan maka dilanjutkan dengan menggunakan uji LSD dengan taraf 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis media tanah liat merupakan jenis media yang memberikan hasil paling baik terhadap perkecambahan gelam sedangkan perlakuan tanpa pupuk memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap perkecambahan dan pertumbuhan kecambah gelam. Interaksi antara jenis media dan pemupukan menunjukkan pengaruh yang signifikan pada parameter viabilitas kecambah gelam dan rata-rata tinggi kecambah gelam pada umur dua bulan

LOADING LIST...
Dra. Suprih Wijayani, M. Si. - Personal Name
APRIYANTO ZAMBA - Personal Name
IR. SURODJO TAAT ANDAYANI,MP - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIER
2018
YOGYAKRTA
LOADING LIST...