MUH ARIF PRASETIYA; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

INVENTARISASI KEANEKARAGAMAN VEGETASI DITAMAN KEHATI PT. TIRTA INVESTAMA KECAMATAN POLANHARJO, KABUPATEN KLATEN


Program pengelolaan vegetasi Taman Kehati PT. Tirta Investama berharap meningkatkan indeks keanekaragaman dan indeks kemerataan sebagai perlindungan spesies lokal. Hasil inventarisasi vegetasi dapat digunakan sebagai informasi dasar pengembangan kelola Taman Kehati. Inventarisasi vegetasi dilakukan secara sensus pada luas area pengamatan 4,6 ha. Jalur rintis berpola letter “S” berjalan dari arah Selatan ke Utara, penentuan arah mata angin. Didalam jalur rintis petak ukur diambil dengan ukuran 5 meter ke arah kanan dan 5 meter ke arah kiri, sedangkan jarak titik pertama sampai berikutnya berjarak 5 meter. Pohon yang sudah diukur keliling batang, tinggi pohon dan jenisnya akan diberi tanda silang “X” pada batang pohon mengarah ke arah utara.
Hasil inventarisasi vegetasi menunjukan Jenis pada tahun 2015 berjumlah 45 jenis, sedangkan pada tahun 2016 penambahan jenis sebanyak 4 jenis, pada tahun 2017 taman kehati melakukan penambahan jenis sebanyak 54 jenis. Sedangkan pada tahun 2018 taman kehati menambah koleksi sebanyak 9 jenis. Data Indeks keanekaragaman jenis tahun 2018 sebesar H’ 3,32461 menunjukan Taman Kehati tergolong keanekaragaman tinggi. Indeks kemerataan jenis tahun 2018 sebesar E 0,70459 menunjukan derajat kemerataan individu di Taman Kehati tergolong rendah. penyebaran jumlah individu setiap jenis tidak sama atau ada kecenderungan satu jenis tidak sama sehingga ada kecenderungan satu jenis mendominasi. Tingkat pohon, tiang dan pancang mendominasi keberadaan tegakan di Taman Kehati, sehingga tingkat semai menjadi tingkatan yang paling sedikit dibandingkan dengan tingkatan yang lain.
Pengelolan Taman Kehati dengan struktur dan komposisi vegetasinya mampu menghasilkan keanekargaman tergolong tinggi dan kemerataan jenis tergolong merata. Akan tetapi penambahan jenis vegetasi di taman kehati bisa diimbang dengan menyeleksi tumbuhan yang keberadaannya terlalu banyak, sehingga laju pertumbuhan vegetasi di dalam kawasan bisa terus berkembang.

LOADING LIST...
ariefprasetya57@gmail.com
MUH ARIF PRASETIYA - Personal Name
Ir. Siman Suwadji, MP (p) - Personal Name
M. Darul Falah, S.Hut., MP SU - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2018
YOGYAKRTA
LOADING LIST...