ALFATHJAR GIRI SUFIYANTO; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

IDENTIFIKASI POTENSI OBYEK WISATA MANGROVE DI DESA PANDANSARI KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES PROVINSI JAWA TENGAH


Kaliwlingi adalah pedesaan di daerah pesisir utara masuk Dusun Pandansari diKecamatan Brebes, dengan jarak sekitar 10 km dari Kota Brebes. Salah seorang warga setempat, menuturkan tambak di Kaliwlingi mengalami abrasi laut yang hebat semenjak tahun 1986. Dengan kejadian itulah setidaknya kurang lebih 850 hektar tambak milik warga hilang tergerus air laut.
Penelitian ini dilakukan dari bulan Juni 2017 hingga Juli 2017, bertujuan untuk mengidentifikasi potensi ekowisata di ekosistem mangrove, menganalisis kesesuaian ekowisata mangrove, dan menentukan strategi pengembangan ekowisata mangrove pada Kawasan Wisata Kaliwlingi kecamatan Brebes kabupaten Brebes. Pengumpulan data dilakukan melalui survey lapangan dan wawancara dengan menggunakan daftar pertanyaan (kuisioner). Analisis data menggunakan analisis kesesuaian area untuk wisata pantai kategori wisata mangrove dan analisis SWOT.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa potensi ekowisata di ekosistem mangrove Kaliwlingi adalah adanya berbagai jenis satwa dalam hal ini jenis burung yang dilindungi di Indonesia seperti Burung Kuntul Besar, , Burung Bangau. Kawasan mangrove Kaliwlingi termasuk dalam kategori sesuai untuk dijadikan kawasan ekowisata. Strategi pengembangan ekowisata mangrove pada Kawasan Wisata Kaliwlingi Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes adalah peningkatan sumber daya manusia (SDM), penanaman jenis mangrove penahan abrasi secara berkelanjutan, pengadaan sarana dan prasarana pendukung kegiatan wisata, dan kerjasama yang baik antar pemangku kebijakan.

LOADING LIST...
gerypisox@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2018
yogyakarta
LOADING LIST...