Ir. Rawana, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Variasi Model Agroforestry Berbasis Gaharu Di Jawa Tengah Dan Daerah Istimewa Yogyakarta


Agroforestri merupakan manajemen pemamfaatan lahan secara optimal dan lestari dengan cara mengkombinasikan kegiatan kehutanan dan pertanian pada unit pengolahan lahan yang sama, dengan memperhatikan kondisi lingkungan, social ekonomi, dan budaya masyarakat yang berperan serta.
Penelitian dilakukan di Tawang, Desa Gayamdompo, Kec. Karanganyar Kabupaten Karanganyar dan Desa Parangtritis, Kec. Kretek Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Waktu penelitian selama 3 bulan. Penelitian ini menggunakan metode similaritas pada dua komunitas yakni komunitas yang ditemukan di Parangtritis dan karanganyar dan uji T untuk menguji beda rata – rata pada dua komunitas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Indeks similiaritas antara komunitas tanaman di parangtritis dan karanganyar ialah 0,421 atau 42,1%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa tingkat kesamaan komunitas pada kedua lokasi penelitian tergolong rendah. Hasil pengujian T-Test pada tanman gaharu menunjukkan terdapat perbedaan antara tanaman di kedua lokasi pada parameter tajuk tanaman sedangkan pada parameter tinggi, BLC, diameter dan volume tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Pengujian untuk tanaman mahoni dan jambu menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara tanaman di kedua lokasi penelitian pada semua parameter. Sedangkan tanaman kelapa menunjukkan perbedaan yang signifikan pada parameter dimeter, volume dan tajuk.

LOADING LIST...
yohanis1796@gmail.com
Ir. Rawana, MP (P) - Personal Name
Yohanes Hiba Mayorga - Personal Name
Ir. Agus Prijono, MP - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2018
yogyakarta
LOADING LIST...