Gilang Firmanto; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Analisis Vegetasi Tumbuhan Bawah Pada Tegakan Gaharu Di Desa Salamkanci, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang


Analisis vegetasi tumbuhan bawah pada tegakan gaharu merupakan salah satu cara mengetahui spesies yang tumbuh dibawah tegakan gaharu, seperti yang telah diketahui bahwa tumbuhan bawah memiliki peran seperti penyumbang unsur hara tanah, menjaga kelembapan tanah dan mencegah erosi. Sedangkan dalam kondisi lainnya tumbuhan bawah bisa dikatakan sebagai gulma.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis tumbuhan bawah pada tegakan gaharu, jenis tumbuhan bawah yang paling dominan, dan mengetahui keanekaragaman jenisnya. Pengambilan data dilakukan pada lahan 4000 m2 yang diambil sampelnya berjumlah 50 petak ukur dengan ukuran 1x1 m, maka sampel yang diambil adalah 1,25% dari keseluruhan populasi. Pada setiap petak ukur 10x10 m diambi foto tajuk dari bawah tegakan, foto tersebut kemudian dianalisis menggunakan aplikasi.
Penelitian memperoleh hasil jenis rumput dan non rumput, terdapat 11 spesies jenis non rumput dari 7 famili dan 3 spesies jenis rumput dari famili yang sama. Jenis non rumput paling dominan adalah Ageratum conyzoides, Centella asiatica, Euphorbia hirta, Hyptis brevipes, Oxallis barrelieri, Phyllantus urinaria, Synedrella nodiflora. Jenis rumput yang paling dominan adalah Brachiaria decumbens, Brachiaria subquadripara, Oplismenus hirtellus. Nilai keanekaragaman (H’) untuk jenis non rumput adalah 1,72 dikategorikan dalam keanekaragaman sedang, sedangkan nilai keanekaragaman (H’) jenis rumput adalah 0,59 dikategorikan rendah.

LOADING LIST...
gilangfirmanto5@gmail.com
Gilang Firmanto - Personal Name
Ir. Rawana, MP (P) - Personal Name
Yuslinawari, S.Hut, M.Sc - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2018
yogyakarta
LOADING LIST...