Dr. Yohana Theresia Maria Astuti, MSi; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PRODUKSI FRUIT SET SALAK (Salacca edulis) PADA BERBAGAI KONSENTRASI DAN CARA APLIKASI NUTRISI


Salak merupakan komoditi dengan nilai jual yang cukup tinggi. Namun para petani dalam melakukan budidaya kurang memperhatikan kebutuhan akan nutrisi dari tanaman tersebut. Dimana cara budidaya yang dilakukakn hanya sebatas menanam, melakukan perawatan dan panen. Minimnya perhatian petani akan kebutuhan pupuk yang diperlukan oleh tanaman menyebabkan hasil produksi salak menjadi tidak stabil.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan cara aplikasi terbaik serta efektivitas pemberian nutrisi (pupuk cair) pada beberapa tingkat konsentrasi terhadap hasil produksi salak. Penelitian ini dilaksanakan di Dusun Bongkelan, Desa Sawal, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Pada bualan Maret-Juni 2017.
Rancangan penelitian menggunakan pola faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) atau Complete Randomized Design (CRD) yang terdiri dari dua faktor perlakuan. Faktor pertama adalah cara aplikasi yang terdiri dari 3 aras, yaitu cara aplikasi disiram, disemprot dan diinfus. Faktor kedua yaitu konsentrasi nutrisi terdiri dari 3 aras, yaitu 5 ml.L-1, 10 ml.L-1 dan 15 ml.L- Hasil pengamatan dianalisis dengan sidik ragam (analisis of variance) pada jenjang nyata 5 %. Untuk mengetahui perbedaan antara perlakuan digunakan uji DMRT (Duncan’s Multiple Range Test) pada jenjang nyata 5 %.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan cara aplikasi diinfus dan pemberian nutrisi pupuk cair dengan konsentrasi 15 ml.L-1 lebih baik terhadap produksi salak dibandingkaan dengan penggunaan cara aplikasi dan pemberian nutrisi pupuk cair dengan konsentrasi yang lain.

Kata kunci : tanaman salak, cara aplikasi, konsentrasi nutrisi.

LOADING LIST...
gunawanirfan00@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2018
yogyakarta
LOADING LIST...