Idum Satya Santi SP., MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Penggunaan Dua Spesies Jamur Entomopatogenik dalam Pengendalian Hama Kumbang Badak pada Perkebunan Kelapa Sawit


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan dua jenis jamur entomopatogenik yaitu Metarhizium anisopliae dan Beauveria bassiana dalam mengendalikan larva Oryctes rhinoceros pada perkebunan kelapa sawit. Penelitian ini dilakukan di PT. Tapian Nadenggan, Perkebunan Langga Payung, Desa Hutabaru Nangka, Kecamatan Padang Lawas Utara, Sumatera Utara.
Penelitian menggunakan metode percobaan yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap pola faktorial. Faktor pertama ialah jenis jamur yang digunakan yaitu jamur Metarhizium anisopliae dan Beauveria bassiana. Faktor kedua yaitu dosis jamur yang terdiri dari empat aras yaitu 0g, 30g, 40g, dan 50g. Hasil pengamatan dianalisis dengan sidik ragam pada jenjang nyata 5%. Apabila ada beda nyata maka dilanjutkan dengan uji jarak berganda Duncan pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan dosis 30g, 40g, dan 50g tidak berbeda nyata satu sama lain, tetapi berbeda nyata dengan dosis 0g (kontrol). Jenis jamur menunjukkan beda nyata yaitu jenis jamur Beauveria bassiana lebih baik dibandingkan dengan jenis jamur Metarhizium anisopliae, dan tidak terjadi interaksi antara jenis jamur dengan dosis yang diberikan.

LOADING LIST...
roytengker97@gmail.com
Idum Satya Santi SP., MP (P) - Personal Name
Roy Tengker - Personal Name
Ir. Samsuri Tarmadja, MP - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2018
yogyakarta
LOADING LIST...