Elisabeth Nanik Kristalisasi, SP.,MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KAJIAN PEMUATAN TEBU DARI LAHAN KE ALAT ANGKUT DENHAN CARA MANUAL DIGENDONG SATU ORANG DAN DIPIKUL DUA ORANG


Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan biaya pemuatan tebu dari lahan ke alat angkut dengan cara manual digendong satu orang dan dipikul dua orang, Penelitian dilakukan di lahan tebu PG. Madukismo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Waktu penelitian dilaksanakan selama 38 hari dari tanggal 8 mei sampai dengan 14 juni 2018.
Penelitian ini menggunakan metode survei lapangan. Jenis data yang di kumpulkan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer merupakan data yang diambil langsung dari lapangan oleh peneliti. Sedangkan data sekunder merupakan data penunjang yang diperlukan demi tercapainya tujuan penelitian yang diperoleh tidak melalui pengukuran langsung dilapangan oleh peneliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi kerja meliputi kecepatan pemuatan dipikul satu orang (4062,74m/jam) lebih cepat dibandingkan dengan digendong dua orang yakni (4164,78m/jam), kapasitas kerja pemuatan dipikul dua orang (5112,21 kg/jam) lebih baik dibandingkan digendong satu orang (4636,94 kg/jam), untuk nilai tinggi rendahnya pada biaya operasi yang dikeluarkan dalam pemuatan digendong satu orang sebesar Rp. 1,65/kg sedangkan biaya yang dikeluarkan dalam pemuatan dipikul dua orang sebesar Rp. 2,98/kg.

LOADING LIST...
natsukoplo@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2018
yogyakarta
LOADING LIST...