Ir. Wiwin Dyah Ully Parwati, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH DOSIS PUPUK KASCING DAN FREKUENSI PENYIRAMAN TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELPA SAWIT DI PRE NURSERY


INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dosis pupuk kascing dan frekuensi penyiraman serta interaksinya terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian dilaksanakan di Kebun Pendidikan dan Penelitian (KP2) Institut Pertanian Stiper Yogyakarta, Depok, Sleman, pada ketinggian tempat 118 meter di atas permukaan laut. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari hingga April 2017.

Penelitian menggunakan percobaan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama adalah dosis pupuk kascing dan faktor kedua adalah frekuensi penyiraman..Faktor pertama terdiri dari 4 aras yaitu : 0g (tanpa pupuk), 25 g, 50 g, 75 g. Sedangkan faktor kedua adalah frekuensi penyiraman yang terdiri dari 3 aras yaitu : 1 hari 2 kali, 1 hari 1 kali, 2 hari 1 kali. Dari Kedua faktor tersebut diperoleh 12 kombinasi perlakuan dan masing – masing perlakuan dilakukan 4 ulangan. Jumlah bibit yang diperlukan untuk percobaan adalah : 4x12 = 48 polybag. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan sidik ragam (Anova) pada jenjang nyata 5%. Apabila terdapat beda nyata, dilanjutkan dengan uji DMRT pada jenjang nyata 5%.

Hasil penelitian menunjukkan terjadinya interaksi antara perlakuan dosis pupuk kascing dengan frekuensi penyiraman pada parameter tinggi tanaman dan berat basah tajuk. Kombinasi perlakuan terbaik adalah kombinasi perlakuan dosis pupuk kascing 75 g dengan frekuensi penyiraman 1 hari 2 kali. Perlakuan dosis pupuk kascing memberikan pengaruh berbeda terhadap parameter jumlah daun dan diameter batang. Perlakuan frekuensi penyiraman memberikan pengaruh yang berbeda terhadap parameter diameter batang.

Kata Kunci: Bibit Kelapa Sawit di Pre-Nursery, Dosis, Frekuensi Penyiraman, Pupuk Kascing


LOADING LIST...
kristianaldion9@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2018
yogyakarta
LOADING LIST...