Joni Wijaya; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Analisis Pengaruh Bahan Tanam Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq.) terhadap Rendemen pada Kebun Masyarakat dan Inti-Plasma


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh tipe buah Kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq.) terhadap rendemen pada Kebun masyarakat dan inti-plasma. Penelitian ini dilakukan di PT. Kresna Duta Agroindo yang merupakan salah satu anak perusahan milik Smart.Tbk yang terletak di Region Kaltim 1, PSM 3 di Kecamatan Kongbeng, Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur.
Penelitian ini dilakukan di Pabrik Gunung Kombeng Mill (GKMM) dan di Muara Wahau Mill (MWHM). Penelitian ini mengkaji pengaruh asal bahan tanam terhadap rendemen. Dari kebun diambil sampel 100 janjang setiap truk, dari setiap janjang diambil 1 buah untuk dianalisis jenis buahnya dengan cara membelah buah satu per satu dari setiap buah, kemudian dicatat tipe buahnya dan dihitung jumlah buah pada setiap tipe buah. Pengambilan sampel dilakukan 13 hari di pabrik GKMM untuk kebun masyarakat dan 6 hari di pabrik MWHM untuk kebun Inti-Plasma. Selain itu, dikumpulkan juga data rendemen dari hasil pengolahan TBS masing-masing kebun di pabrik. Data tipe buah yang telah diperoleh pada masyarakat dan inti-plasma selanjutnya diuji t dengan SPSS pada jenjang nyata 5%. Hasil penelitian menunjukan terdapat data tiga tipe buah kelapa sawit yaitu Dura, Pisifera dan Tenera dari sampel janjang yang dikirim ke pabrik. Di kebun masyarakat diperoleh data 20.97% dura, 73.42% tenera, dan 5.61% pisifera. Di kebun inti-plasma diperoleh data 3.32% dura, 96.68% tenera, dan 0.00% pisifera Persentase rendemen di kebun masyarakat lebih rendah dibandingkan kebun inti-plasma dengan diperoleh data rendemen 20.99% di kebun masyarakat dan 23.70% di kebun inti-plasma.


Kata kunci : tipe buah, kebun masyarakat , kebun inti-plasma, rendemen

LOADING LIST...
joniwijaya53@gmail.com
Joni Wijaya - Personal Name
Ir. Neny Andayani, MP. (P) - Personal Name
Titin Setyorini, SP., M.Sc. - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2018
yogyakarta
LOADING LIST...