Dr. Ir. Herry Wirianata, MS; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH AKTIVITAS ELAEIDOBIUS KAMERUNICUS TERHADAP FRUIT SET KELAPA SAWIT PADA TOPOGRAFI LAHAN YANG BERBEDA


PENGARUH AKTIVITAS ELAEIDOBIUS KAMERUNICUS TERHADAP FRUIT SET KELAPA SAWIT PADA TOPOGRAFI LAHAN YANG BERBEDA
INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas Elaeidobius kamerunicus terhadap fruit set kelapa sawit pada topografi lahan yang berbeda di Perkebunan kelapa sawit Sinarmas di Desa Sangsang, Kecamatan Kelumpang Tengah, Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan.
Penelitian ini menggunakan ulangan waktu dengan 3 kali ulangan. Setiap ulangan diambil 20 sampel untuk setiap parameter dengan menggunakan analisis Uji t untuk mengetahui perbedaan karakteristik buah dan menggunakan analisis korelasi dan regresi untuk mengetahui adanya pengaruh atau hubungan antara aktivitas Elaeidobius kamerunicus terhadap fruit set kelapa sawit dan mikroklimat (suhu dan kelembaban) terhadap aktivitas Elaeidobius kamerunicus.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan topogragfi di lahan datar dan bukit dapat mempengaruhi aktivitas serangga penyerbuk karena memiliki mikroklimat seperti suhu dan kelembaban yang berbeda dilihat dari jumlah serangga penyerbuk di lahan datar lebih banyak (205,56 ekor) dengan nilai fruit set tertinggi di atas 80% dibandingkan di lahan bukit (131,31 ekor) dengan nilai fruit set tertinggi di atas 75%. Jumlah serangga penyerbuk paling banyak ditemukan pada kisaran suhu 26,67-32,33ºC dengan kelembaban 77,00-80,00% di lahan datar dan 26,00-32,00ºC dengan kelembaban 79,00-80,33% di lahan bukit.

Kata Kunci : Elaeidobius kamerunicus, Fruit Set, Topografi, Karakteristik Agronomi.


LOADING LIST...
masalwansigalemba@gmail.com
Dr. Ir. Herry Wirianata, MS - Personal Name
Dra. Suprih Wijayani, M.Si (P) - Personal Name
ALWAN SIGALEMBA - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2018
yogyakarta
LOADING LIST...