HERI SETIAWAN; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH Mucuna bracteata TERHADAP KESUBURRAN TANAH PADA BEBERAPA TAHAPAN UMUR TANAMAN KELAPA SAWIT


Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh Mucuna bracteata terhadap kesuburan tanah pada beberapa umur tanaman kelapa sawit telah dilaksanakan di Kebun PT. Tunggal Perkasa Plantations, Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau dan Laboratorium Tanah Institut Pertanian STIPER Yogyakarta yang terletak di Desa Maguwoharjo, Kabupaten Sleman, Yogyakarta tanggal 22 Oktober – 22 November.
Penelitian ini menggunakan Rancangan Faktorial yang disusun dalam rancangan lengkap, berblock atau RCBD (Randomized Completely Block Design). Perlakuan terdiri dari 1 faktor yaitu umur tanaman dengan 4 aras tahapan umur (TBM 1, TBM 2, TM 1, dan TM 2) pada tiap tahapan umur ditentukan 3 petak tanaman MB sebagai ulangan sehingga terdapat 12 petak sampel. Parameter penelitian yang diamati adalah sifat fisik dan kimia tanah, yang meliputi kadar air tersedia, kandungan BO (%), pH, N (total %), P (tersedia), K (tersedia), dan KPK. Parameter pertumbuhan Mucuna bracteata yang diamati meliputi jumlah daun, tinggi tanaman, bera segar biomassa dan berat kering biomassa tanaman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanaman Mucuna bracteata pada umur tanaman kelapa sawit TM menghasilkan pertumbuhan dan biomassa yang lebih tinggi dibandingkan pada lahan TBM. Pertumbuhan biomassa pada lahan TM yang lebih tinggi memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap sifat-sifat fisik dan kimia tanah. Aplikasi Mucuna bracteata pada lahan TM memberikan sifat fisik dan kimia tanah yang lebih baik dibandingkan TBM, meliputi porositas, bahan organik, N total dan ketersediaan P, kecuali pada kadar lengas, pH, ketersediaan K dan KPK tanah.
Kata Kunci : LCC, Mucuna bracteata, Kesuburan Tanah, Tahapan Umur Tanaman.
LOADING LIST...
HERI SETIAWAN - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
Budidaya Pertanian
2016
Skripsi Budidaya Pertanian
LOADING LIST...