Ir. Wiwin Dyah Ully Parwati, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH UKURAN POLYBAG DAN FREKUENSI PENYIRAMAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TOMAT


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran polybag dan frekunesi penyiraman serta interaksinya pada pertumbuhan dan produksi tanaman tomat. Penelitian ini dilakukan di Kebun Pendidikan dan Peneltian KP-2 Institut Pertanian Stiper Yogyakarta, Maguwoharjo, Sleman. Penelitian dilakukan selama 3 bulan yaitu pada bulan April sampai Juli 2018.
Penelitian menggunakan metode percobaan dengan rancangan faktorial yang terdiri dari 2 faktor yang disusun dalam rancangan acak lengakap. Faktor pertama adalah frekuensi penyiraman terdiri dari 4 macam yaitu 1 hari 2x, 1 hari 1x, 2 hari 1x, 3 hari 1x. Faktor kedua adalah ukuran polybag teridiri dari 3 macam yaitu 20 x 20cm, 30 x 30cm, 40 x 40cm. Dari dua perlakuan diperoleh 12 kombinasi perlakuan, dan masing-masing kombinasi diulang 5 kali. Hasil pengamatan dianalisis dengan sidik ragam pada jenjang 5%. Apabila ada beda nyata maka dilanjutkan dengan uji jarak berganda duncan pada jenjang nyata 5%.
Hasil analisis menunjukkan tidak terjadi interaksi nyata antara perlakuan ukuran polybag dan frekuensi penyiraman. perlakuan ukuran polybag memberikan pengaruh beda nyata pada berat segar tanama. Polybag ukuran 40 x 40cm memberikan berat segar tanaman yang lebih baik. Pada parameter jumlah buah, polybag ukuran 30 x 30cm memberikan jumlah buah yang lebih banyak. Perlakuan frekuensi penyiraman memberikan pengaruh tidak beda nyata.
LOADING LIST...
Pedagangkopi96@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2018
yogyakarta
LOADING LIST...