Ir. Retni Mardu Hartati, SU; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH BERBAGAI MACAM BAHAN ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN STEK TURNERA SUBULATA.


INTISARI
Turnera subulata merupakan tanaman yang memiliki peran besar dalam rangka pengendalian hama terpadu (PHT) dan dapat meningkatkan keragaman hayati. Perbanyakan tanaman ini dengan cara stek, dalam keberhasilan stek berpengaruh konsentrasi beberapa zat pengatur tumbuh terhadap pertumbuhan stek Turnera subulata.
Penelitian ini dilakukan dengan rancangan acak lengkap (RAL) atau CRD (Complety Randomized Design). Yang terdiri dari dua faktor dan tiga ulangan. Faktor yang pertama adalah asal bahan stek yang terdiri dari 3 aras yaitu, asal bahan stek bagian atas, asal bahan stek bagian tengah, dan asal bahan stek bagian bawah. Sedangkan faktor kedua yaitu jenis pupuk yang terdiri dari 2 aras yaitu, pupuk kambing dan pupuk sapi. Masing-masing kombinasi diulang sebanyak 3 kali ulangan dan masing-masing menggunakan 3 tanaman sehingga total tanaman yang digunakan sebanyak 54 tanaman. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis sidik ragam (ANOVA) Duncans Multiple Range Test (DMRT) pada jenjang 5%.
Pengaruh berbagai macam bahan organik tidak memberikan interaksi tidak nyata pada jumlah tunas, tinggi tanaman, dan berat kering akar terhadap pertumbuhan stek Turnera subulata. Dan sebaliknya pengaruh berbagai macam bahan organik memberikan pengaruh nyata pada berat segar tanaman, berat kering tanaman, dan berat segar akar terhadap pertumbuhan stek Turnera subulata.
Kata kunci : Turnera subulata dan bahan organik

LOADING LIST...
amirmahmud0000@gmail.com
Ir. Retni Mardu Hartati, SU - Personal Name
Amir Mahmud - Personal Name
Ir. Abdul Mu'in, MP (P) - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2018
yogyakarta
LOADING LIST...