Ir. Tri Nugraha Budi Santosa, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh macam dan dosis produk samping kelapa sawit terhadap pertumbuhan stek turnera subulata


PENGARUH MACAM DAN DOSIS PRODUK SAMPING KELAPA SAWIT TERHADAP PERTUMBUHAN STEK
TURNERA SUBULATA

INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan macam dan dosis produk samping kelapa sawit terhadap pertumbuhan stek Turnera Subulata. Penelitian dilakukan di Perkebunan Perdana, PT.Binasawit Abadipratama yang merupakan anak perusahaan dari PT. SMART Tbk di Kecamata Danau Seluluk, Kabupaten Seruyan, Provinsi Kalimantan Tengah. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari 2018 – April 2018.
Metode yang digunakan yaitu Completely Randomited Design (CRD) dua faktor. . Faktor pertama yaitu macam produk samping kelapa sawit yang terdiri dari A1 : Kompos tandan kosong kelapa sawit, A2 : Kompos fiber mesocarp kelapa sawit, A3 : Kompos lumpur solid. Faktor kedua dosis produk samping kelapa sawit yang terdiri dari B0 : 0 g ( kontrol) B1: 100 g (Tanah + bahan organik 3 kg : 100 g), B2 : 200 g (Tanah + bahan organik 3 kg : 200 g), B3 : 300 g(Tanah + bahan organik 3 kg : 300 g). Dari kedua perlakuan tersebut terdapat 3x 4 = 12 kombinasi perlakuan, dan masing-masing kombinasi perlakuan dengan 10 ulangan. Sehingga 3 x 4 x 10 = 120 sampel.
Data hasil penelitian dianilisis menggunakan sidik ragam, dan apabila ada beda nyata dalam perlakuan maka diuji lanjut menggunakan uji jarak berganda Duncan (Duncan’s New Multiple Range Test) pada jenjang nyata 5 %.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa janjang kosong dengan dosis 300 g dan solid dengan dosis 100 g memberikan hasil terbaik. Ada peningkatan pertumbuhan tanaman bagian atas yang sama pada aplikasi jangkos, fiber mesocarp dan solid dibandingkan dengan kontrol.
Kata kunci: Turnera Subulata, Janjang Kosong, Solid, Dosis.



LOADING LIST...
kobanreus@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2018
yogyakarta
LOADING LIST...