Afif Muhtadi Ichtiarianto; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Kajian Tentang Taksasi Produksi Terhadap Ketepatan Estimasi Produksi Kelapa Sawit


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji ketepatan taksasi produksi (forecast) dan mengestimasi produksi kelapa sawit periode bulanan. Penelitian ini dilaksanakan pada 20 November 2017 – 25 April 2018 di perkebunan Sungai Bengkal Estate, PT. Satya Kisma Usaha salah satu anak perusahaan milik PT. Smart Tbk, di kecamatan Tebo Ilir, Kabupaten Tebo,Provinsi Jambi.
Penelitian ini dilakukan di empat divisi kebun inti Sungai bengkal estate, penelitian ini menggunakan metode survey agronomi, dengan mengenal lokasi, menentukan dan memilih blok sampel secara acak dan mengambil sampel pada tahun tanam 1996,1997,1998,1999,2006 dan 2007 diberbagai divisi. dengan pengulangan sebanyak 6 kali sehingga sampel yang didapatkan sebanyak 36 sampel. Dari hasil penelitian didapatkan data Angka Kerapatan Panen (AKP), data taksasi janjang, data taksasi berupa jumlah janjang dan tonase janjang. Data taksasi produksi dan realisasi produksi (tonase) pada setiap tahun tanam selanjutnya diuji t pada SPSS dengan jenjang nyata 5 %.
Hasil penelitian menunjukan tidak ada perbedaan nyata antara realisasi produksi dengan taksasi produksi. Metode taksasi yang digunakan perusahaan dengan sampel sebanyak 7% sudah mendekati ketepatan dalam mengestimasi produksi kelapa sawit.


Kata kunci : AKP, Taksasi , Realisasi Produksi

LOADING LIST...
muhtadi2@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2018
yogyakarta
LOADING LIST...