Widi Setyawan; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH INTENSITAS PRUNING TERHADAP KINERJA PEMANEN DAN LOSSES PRODUKSI KELAPA SAWIT


INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas pruning terhadap kinerja pemanen dan losses produksi kelapa sawit. Penelitian ini dilaksanakan pada 3 September 2017 sampai 30 Oktober 2017 di Perkebunan Kelapa Sawit milik PT. Kencana Graha Permai, tepatnya di Perkebunan Delima, Region Ketapang 2, PSM 7 yang berada di Desa Randai, Kecamatan Marau, Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat.
Penelitian ini menggunakan metode survey untuk mengenal, mengetahui, dan memilih kondisi blok penelitian serta menentukan letak pengambilan sampel intensitas pruning yang terdiri dari under pruning, normal pruning dan over pruning yang kemudian hasilnya diuji menggunakan analisis data Rancangan Acak Lengkap (RAL) serta uji hubungan menggunakan nilai regresi dan korelasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa intensitas pruning berpengaruh terhadap jumlah pelepah yang dipertahankan pada tanaman kelapa sawit dan kinerja pemanen dalam segi waktu potong buah serta tingkat losses brondolan di ketiak pelepah. Waktu terlama dalam pelaksanaan panen terjadi pada intensitas under pruning dikarenakan penurunan pelepah yang menjadi songgo lebih banyak. Losses tertinggi terjadi pada intensitas under pruning dikarenakan saat rotasi pruning, pemanen hanya memotong pelepah kering dan sengkleh tanpa memperhatikan songgo serta memanen dengan sistem curi buah tanpa memotong pelepah yang menjadi songgonya.

Kata kunci : intensitas pruning, kinerja pemanen, losses produksi.

LOADING LIST...
setyawanwidi11@gmail.com
Widi Setyawan - Personal Name
Idum Satya Santi, SP., MP. - Personal Name
Ir Sri Gunawan, MP. (P) - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2018
yogyakarta
LOADING LIST...