E. Nanik Kristalisasi, SP., MP.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

EFEKTIVITAS BEBERAPA RODENTISIDA UNTUK PENGENDALIAN TIKUS (Rattus tiomanicus) di perkebunan kelapa sawit


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari 2 macam rodentisida pada tempat peletakan umpan yang berbeda untuk mengendalikan hama tikus di perkebunan kelapa sawit. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Kresna Duta Agroindo, Batang Merangin Estate, Sarolangun, Jambi dimulai dari bulan Februari sampai Maret 2018.
Percobaan disusun dengan rancangan acak lengkap berblok RCBD (Randomized Complete Block Design) yang terdiri dari 2 faktor dan 3 ulangan. Faktor pertama adalah macam bahan aktif yang terdiri dari 2 jenis bahan aktif rodentisida yaitu brodifakum dan kumatetralil. Faktor kedua adalah letak pemberian umpan yang terdiri dari 3 posisi pemberian umpan yaitu umpan yang diletakkan di piringan menghadap pasar pikul, umpan yang diletakkan di piringan menghadap pasar mati dan diantara ketiak pelepah.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa akumulasi umpan dimakan dan tikus mati yang paling banyak terdapat pada perlakuan rodentisida brodifakum yang terletak di piringan menghadap pasar mati dengan jumlah rata-rata 289,00 sementara pada perlakuan piringan menghadap pasar pikul memberikan dampak mortalitas dengan rata-rata 227,33. Perlakuan ini efektif untuk mengendalikan hama tikus di perkebunan kelapa sawit.

LOADING LIST...
klementinokosat@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2018
yogyakarta
LOADING LIST...