JOAO FEBRIANO WERU NUA; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH LIMBAH PKS TERHADAP PERTUMBUHAN DAN NODULASI Pueraria javanica


PENGARUH LIMBAH PKS TERHADAP PERTUMBUHAN DAN NODULASI Pueraria javanica
JOAO FEBRIANO WERU NUA
14/16799/BP

INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis dan dosis limbah PKS terhadap pertumbuhan dan nodulasi bibit Pueraria javanica. Penelitian dilaksanakan di PT. Ivo Mas Tunggal, Samsam Estate (Perkebunan Sinar Mas 5) Regional Siak Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak, Provinsi Riau.
Penelitian menggunakan metode percobaan dengan pola faktorial yang terdiri dari dua faktor yaitu jenis limbah PKS dan dosis limbah PKS yang disusun dalam Rancangan Acak Kelompok / Randomized Completely Block Design (RCBD). Faktor pertama adalah jenis limbah PKS yang terdiri atas dua aras yaitu limbah tankos dan limbah solid decanter . Sedangkan faktor kedua adalah dosis limbah PKS yang terdiri dari tiga aras, yaitu 1,5 kg/plot , 2,25 kg/plot dan 3 kg/plot.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis limbah PKS dan dosis limbah PKS tidak menunjukkan interaksi nyata terhadap nodulasi dan pertumbuhan Pueraria javanica. Jenis limbah PKS solid decanter memberikan pengaruh yang lebih baik pada nodulasi dan pertumbuhan Pueraria javanica. Dosis limbah memberikan pengaruh yang berbeda nyata pada parameter berat segar akar.
Kata kunci : Pueraria javanica, tankos, solid decanter, dosis limbah PKS

LOADING LIST...
opangvolcom@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2018
yogyakarta
LOADING LIST...