Ir. Reni Astuti Widyowanti, M.Si.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KAJIAN APLIKASI SAND FILTER UNTUK MENURUNKAN KEKERUHAN AIR UMPAN CLARIFIER TANK


KAJIAN APLIKASI SAND FILTER UNTUK MENURUNKAN KEKERUHAN AIR UMPAN CLARIFIER TANK
Padatan tersuspensi di dalam air yang dianalisa sebagai turbidity merupakan zat pengotor yang perlu dihilangkan. Filtrasi merupakan salah satu cara yang digunakan untuk mengurangi kekeruhan (turbidity) di dalam air. Proses filtrasi terjadi dalam sebuah tangki yang biasa disebut sand filter. Umumnya, sand filter menyaring air yang sebelumnya telah mendapat perlakuan sehingga turbidity di dalamnya telah berkurang.
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian mengenai penggunaan sand filter untuk menyaring air baku yang belum mendapatkan perlakuan apapun. Untuk melakukannnya, diperlukan perubahan alur proses pengolahan air. Alur normal adalah raw water tank – clarifier tank – treated tank – sand filter – boiler tank – domestic tank. Alur dengan penggunaan sand filter untuk raw water dirubah menjadi raw water tank – sand filter – clarifier tank – treated tank – sand filter – boiler tank – domestic tank. Instalasi pengolahan air di pabrik kelapa sawit melakukan hal tersebut dengan tujuan menurunkan kekeruhan air baku, sehingga penggunaan bahan kimia dan biaya produksi air bersih dapat berkurang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan sand filter untuk raw water dapat menurunkan kekeruhan air baku sebesar 14,4 NTU, dosis bahan kimia koagulan turun sebesar 7,7 ppm dan flokulan turun sebesar 0,25 ppm, dengan kualitas air pada clarifier tank tetap. Biaya produksi air bersih turun sebesar 6,1% setiap m3 air.

LOADING LIST...
diksuryautama99@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2018
yogyakarta
LOADING LIST...