Dr. Yohana Theresia Maria Astuti, MSi; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH DOSIS PUPUK ORGANIK KASCING DAN FREKUENSI PENYIRAMAN TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE NURSERY


INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh waktu aplikasi dan konsentrasi pupuk cair urin kambing serta interaksinyaterhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian ini dilaksanakan di Kebun Pendidikan dan Penelitian (KP2) Institut Pertanian Stiper Yogyakarta, Depok, Sleman, Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan pada akhir bulan April hingga Juli 2017.

Penelitian menggunakan percobaan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama adalah dosis pupuk kascing yang terdiri dari 4 aras yaitu Kontrol, K1 : 50g K2 : 150g, K3 : 300g. Sedangkan faktor kedua adalah frekuensi penyiraman yang terdiri dari 3 aras yaitu P1 : 1 hari 1 kali, P2 : 2 hari 1 kali, P3 : 3 hari 1 kali. Dari Kedua faktor tersebut diperoleh 12 kombinasi perlakuan dan masing – masing perlakuan dilakukan 6 ulangan. Jumlah bibit yang diperlukan untuk percobaan adalah : 3x4x6 = 72 polybag. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan sidik ragam (Anova) pada jenjang nyata 5%.Apabila terdapat beda nyata, dilanjutkan dengan uji DMRT pada jenjang nyata5%

Tidak terjadi interaksi antara perlakuan dosis pupuk kascing dengan frekuensi penyiraman. Perlakuan dosis pupuk kascing memberikan pengaruh yang berbeda terhadap parameter berat segar akar, diameter batang, jumlah akar, luas daun dan berpengaruh sama pada parameter tinggi tanaman, jumlah daun, berat segar tanaman, berat kering tanaman, panjang akar, dan berat kering akar. Sedangkan perlakuan frekuensi penyiraman memberikan pengaruh yang berbeda terhadap parameter berat segar tanaman, berat segar akar, berat kering tanaman dan memberikan pengaruh yang sama terhadap parameter tinggi tanaman, luas daun, jumlah daun, jumlah akar, panjang akar, berat kering akar dan diameter batang.

Kata Kunci: Bibit Kelapa Sawit di Pre-Nursery, Dosis Pupuk Kascing, Frekuensi penyiraman.

LOADING LIST...
septyannugraha14@yahoo.co.id
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2018
yogyakarta
LOADING LIST...