Dr. Ir. Hermantoro, MS (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PERBANDINGAN PENGUJIAN FREE FATTY ACID MENGGUNAKAN ISOPROPIL ALKOHOL MURNI DENGAN ISOPROPIL ALKOHOL DESTILASI


Dipabrik kelapa sawit khususnya pada departemen laboratorium memiliki peranan yang sangat penting dan utama dalam segi menyajikan dan menyiapkan data dari hasil proses pengolahan dalam menguji semua standar kualitas dan kuatintas yang di oprasional pengolahan Tandan Buah Segar (TBS) untuk menjadi minyak Crude Palm Oil (CPO).
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk memanfaatkan kembali Isopropil Alkohol dari sisa hasil analisa Free Fatty Acid minyak CPO serta melakukan perbandingan penggunaan dari hasil Isopropil Alkohol yang sudah di destilasi dengan Isopropil Alkohol murni, dan ternyata Isopropil Alkohol dari hasil Destilasi setelah dilakukan pengujian. Isopropil Alkohol destilasi dapat digunakan kembali untuk analisa Free Fatty Acid.
Pelaksanaan penelitian dilakukan di PT. Kresna Duta Agroindo (Rantau Panjang Mill). Yang menjadi tahapan-tahapan penelitian adalah sampel eks analisa hasil Free Fatty Acid CPO yang sudah tercampur dengan Isopropil Alkohol kemudian di destilasi untuk memperoleh destilat berupa Isopropil hasil destilasi kemudian digunakan kembali untuk menganalisa Free Fatty Acid CPO dan membandingkannya dengan Isopropil Alkohol murni. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah perbandingan persentase Free Fatty Acid CPO menggunakan Isopropil Alkohol murni dan dengan Isopropil Alkohol destilasi. Berdasarkan perhitungan % FFA = (25,6 x t x N)/W maka diperoleh perbandingan % Free Fatty Acid antara Isopropil Alkohol murni dengan Isopropil Alkohol hasil destilasi.

LOADING LIST...
Dr. Ir. Hermantoro, MS (P) - Personal Name
Lisma Safitri, S.TP, M.Si - Personal Name
ILHAM DARMAWAN - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2018
yogyakarta
LOADING LIST...