Dr. Yohana Theresia Maria Astuti, MSi; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH PUPUK HAYATI PADA BERBAGAI MACAM BAHAN ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE NURSERY


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pupuk hayati dan macam bahan organik terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian dilaksanakan di Jl. Bendo, Wedomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta pada bulan Juni sampai Agustus 2023.
Penelitian ini menggunakan metode percobaan dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama adalah konsentrasi pupuk hayati yang terdiri dari 4 aras (kontrol, 10, 20 dan 30 ml/100ml) dan faktor kedua adalah macam bahan organik yang terdiri dari 3 aras (cocopeat, kascing dan kotoran sapi). Dari kedua faktor tersebut diperoleh 12 kombinasi perlakuan dan masing-masing kombinasi perlakuan diulang 5 kali. Data hasil penelitian dianalisa menggunakan Analisis Of Varian (Anova) pada jenjang nyata 5%. Bila ada beda nyata dilakukan pengujian lanjut dengan menggunakan uji Duncan Multiple Range Test (DMRT) pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat interaksi nyata antara konsentrasi pupuk hayati dan macam bahan organik pada parameter tinggi bibit dan berat segar akar. Pupuk hayati belum dapat meningkatkan pertumbuhan bibit kelapa sawit. Penggunaan kascing sebagai campuran media tanam lebih baik daripada cocopeat maupun kotoran sapi terhadap jumlah daun dan diameter batang bibit kelapa sawit di pre nursery.

Kata Kunci : pupuk hayati, bahan organik, bibit kelapa sawit, pre-nursery

LOADING LIST...
jeremiimmanuelrumapea@gmail.com
081277259048
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2024
yogyakarta
LOADING LIST...