Arum Ambarsari, SP., MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Sistem Pengelolaan Kontraktor Truk Crude Palm Oil di PT. Sapta Karya Damai Provinsi. Kalimantan Tengah


CPO adalah hasil pembentukan asal buah kelapa sawit yang diambil dari daging buah (mesocarp) dan pada proses pengolahan buah kelapa sawit untuk menjadi crude palm oil melalui beberapa tahapan. Setelah diperoses langkah selanjutnya yaitu proses pemuatan, harus dilakukan dalam penangganan khusus, pemuatan pada saat di pabrik kelapa sawit (PKS), sampai proses pembongkaran di pelabuhan tujuan (bongkar), seluruh operasional yang dilaksanakan harus sesuai standar yang ditetapkan guna menjamin kualitas muat tersebut. Kontraktor adalah mitra yang bekerjasama dengan perusahaan didalam pengangkutan CPO jasa penyedia layanan transportasi angkut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem kemitraan transportasi pengangkutan CPO di PT. Sapta Karya Damai. Penelitian ini menerapkan metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Sapta Karya Damai Sampit Kalimantan Tengah. Metode pengambilan sampel menggunakan metode Key Person, metode yang bertujuan mendapatkan wawasan yang dalam dan informasi yang relevan dari individu yang dianggap kunci dalam konteks penelitian, yang sesuai dengan kebutuhan peneliti, untuk menyampaikan informasi tentang penelitian tersebut.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Mekanisme menjalin kemitraan di PT. Sapta Karya Damai yaitu; 1) Mitra mengajukan ke perusahaan untuk dipekerjakan, 2) Koordinasi bersama antara mitra dengan Perusahaan, 3) Perlengkapan dokumen, 4) Kesepakatan kerja dua belah pihak, 5) Pelaksanaan (SPK), 6) Evaluasi. Jumlah mitra / kontraktor yang terdaftar ada 6 kontraktor dengan total kendaraan 38 unit. Jenis muatan yang digunakan terbagi atas 16 unit untuk kapasitas besar, dan 26 unit untuk kapasitas kecil. Jatah angkutan per kontraktor berkisar antara 10.000 kg s/d 16.000 kg untuk muatan besar dan 5.000 kg s/d 8.000 kg untuk muatan kecil. Rata – rata biaya yang dikeluarkan per Trip untuk unit besar, Rp 603.703 dan untuk unit kecil sebesar Rp 436.667. Rata – rata biaya keseluruhan perTrip untuk unit besar yaitu Rp 1.996.250 dan untuk unit kecil yaitu Rp 1.443.333.

Kata Kunci : Sistem Pengelolaan, Kontraktor, Kemitraan, CPO

LOADING LIST...
bangilham7@gmail.com
082253221117
NONE
Text
INSTIPER
2023
Yogyajarta
LOADING LIST...