Ir. Pauliz Budi Hastuti, MP.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH PUPUK P DAN ABU TANDAN KOSONG TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN MUCUNA BRACTEATA PADA TANAH MASAM


INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk P dengan abu tandan kosong terhadap pertumbuhan Mucuna bracteata di tanah masam; mengetahui pengaruh pupuk P terhadap pertumbuhan Mucuna bracteata di tanah masam; dan mengetahui pengaruh abu tandan kosong terhadap pertumbuhan Mucuna bracteata di tanah masam.
Penelitian ini dilaksanakan di Kebun Pendidikan dan Penelitian (KP-2) Institut Pertanian Stiper Kebun Pendidikan dan Penelitian (KP-2) Institut Pertanian Stiper Yogyakarta yang terletak di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lahan penelitian berada pada ketinggian 118 mdpl dengan suhu rata-rata 26 – 32 °C. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei - Juli 2023. Penelitian ini mengunakan metode percobaan dengan rancangan faktorial yang disusun dalam RAL (Rancangan Acak Lengkap) atau Complely Randomized Design (CRD), yang terdiri atas dua faktor yaitu: Faktor pertama adalah pupuk P yang terdiri dari 3 aras, yaitu 1 g/tanaman; 2 g/tanaman; dan 3 g/tanaman. Faktor yang kedua adalah perlakuan abu tandan kosong yang terdiri dari tiga aras yaitu: 2 g/tanaman; 4 g/tanaman; dan 6 g/tanaman. Dari kedua faktor terebut diperoleh 9 kombinasi perlakuan dan masing-masing perlakuan dilakukan 3 ulangan. Jumlah benih yang diperlukan untuk penelitian ini sebanyak 9 x 3 = 27 benih. Hasil pengamatan diuji dengan analisis varian pada jenjang nyata 5%, jika terdapat perbedaan nyata maka dilajutkan dengan uji Duncan Multiple Range (DMRT) pada jenjang nyata 5%. Uji statistik menggunakan SPSS Versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Tidak diperoleh kombinasi yang paling baik pada pemberian pupuk P dengan abu tandan kosong terhadap pertumbuhan Mucuna bracteata di tanah masam pada berbagai parameter. Pupuk P tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan Mucuna bracteata di tanah masam pada berbagai parameter. Abu tanda kosong tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan Mucuna bracteata di tanah masam pada berbagai parameter.

Kata Kunci: Pupuk P, abu tandan kosong, Mucuna bracteata

LOADING LIST...
sonysamuelcm@gmail.com
082277866903
NONE
Text
INSTIPER
2023
yogyakarta
LOADING LIST...