Setiaji Heri Saputro, S.Hut; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KAJIAN PARTISIPASI ANGGOTA PADA KEGIATAN KELOMPOK TANI HUTAN DI DESA KEDUNG POH KECAMATAN NGLIPAR KABUPATEN GUNUNG KIDUL


Sebagian besar masyarakat pemilik hutan rakyat di Gunung Kidul dalam pengelolaannya telah membentuk Kelompok Tani Hutan (KTH), yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup dan perekonomian melalui usaha dibidang kehutanan. Partisipasi anggota pada kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh KTH merupakan salah satu pendekatan bagi KTH dalam memunculkan gagasan/ide/program dalam rangka pemecahan masalah bagi anggotanya, peningkatan kepedulian sosial, peningkatan SDM, dan regenerasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya partisipasi anggota KTH di desa Kedungpoh Kecamatan Nglipar Gunung Kidul pada kegiatan- kegiatannya dan mengetahui korelasi dengan kondisi sosiodemografinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey yang dianalisis dengan analisis korelasi dan crosstab.
Penelitian ini menunjukkan besarnya partisipasi anggota Kelompok Tani Hutan dalam kegiatan-kegiatannya pada perencanaan adalah 78.30 %, pelaksanaan 89.88 % dan evaluasi 66.39%, sedangkan kondisi sosiodemografi anggota kelompok Tani yang mempunyai korelasi dalam partisipasi pada kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh Kelompok Tani Hutan yaitu umur dan lama bertani, dimana hal tersebut berhubungan erat dengan motivasi anggota dalam berpartisipasi pada kegiatan-kegiatan yaitu untuk menambah ilmu, mendapatkan bantuan pertanian, menambah pengalaman, mengembangkan potensi diri, menambah semangat dan memperoleh pelatihan pertanian. Penelitian ini juga menunjukkan terdapat hubungan/korelasi antar tahapan kegiatan, yaitu antar tahapan perencanaan kegiatan, pelaksanaan kegiatan dan evaluasi kegiatan.
LOADING LIST...
setiaji_hs@instiperjogja.ac.id
0812-2705-501
NONE
Text
INSTIPER
2023
yogyakarta
LOADING LIST...