Saswati; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KARAKTERISTIK MINUMAN SERBUK BERBASIS BUNGA LOKAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE FOAM MAT DRYING


Penelitian ini tentang minuman serbuk berbasis bunga lokal dengan menggunakan metode Foam Mat Drying. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis bunga yang digunakan dan perbandingan bunga dengan air terhadap karakteristik minuman serbuk berbasis bunga lokal serta menentukan jenis bunga dan perbandingan bunga dengan air yang menghasilkan minuman serbuk yang paling disukai panelis.
Rancangan percobaan yang digunakan pada penelitian ini adalah Rancangan Blok Lengkap (RBL) 2 faktor meliputi jenis bunga yang digunakan yang terdiri dari 3 taraf yaitu A1= bunga kembang sepatu 100%, A2= bunga krisan 100%, A3= bunga krisan dan kembang sepatu (1:1), dan Faktor perbandingan konsentrasi bunga dan air yang terdiri dari 3 taraf yaitu B1= 1 1 (250 gr bunga: 250 ml air), B2= 1 : 2 (250 gr bunga: 500 ml air), B3= 1 : 3 (250 gr bunga:750 ml air). Analisis yang dilakukan pada penelitian ini adalah kadar air, kadar abu, aktivitas antioksidan, kelarutan, waktu larut, flavonoid, total phenol, uji organolpetik, warna total, rendemen.
Jenis bunga yang digunakan pada penelitian ini berpengaruh pada antioksidan, waktu larut, organoleptik (warna, rasa aroma), flavonoid dan total fenol, namun tidak berpengaruh terhadap kadar air, kadar abu, kelarutan, rendemen, warna total. Perbandingan bunga dengan air berpengaruh pada antioksidan antioksidan, waktu larut, organoleptik (warna, rasa aroma), flavonoid dan total fenol, namun tidak berpengaruh terhadap kadar air, kadar abu, kelarutan, rendemen, warna total. Berdasarkan tingkat uji kesukaan secara keseluruhan baik pada serbuk atau seduhan, paling disukai panelis terdapat pada perlakuan A1B1 yang menggunakan bunga kembang sepatu dengan perbandingan bunga dan air (1:1) dengan tingkat kesukaan 4,39 pada serbuk dan 4,35 pada seduhan.

LOADING LIST...
watisas020701@gmail.com
085641476547
NONE
Text
INSTIPER
2023
Yogyajarta
LOADING LIST...