Arum Ambarsari, SP., MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

MANAJEMEN LOGISTIK DI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT PT SURYA AGROLIKA REKSA DI DESA BERINGIN JAYA, KECAMATAN SINGINGI HILIR, KABUPATEN KUANTAN SINGINGI, PROVINSI RIAU


Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi proses kegiatan manajemen logistik di PT Surya Agrolika Reksa, khususnya pada bagian persediaan dan penyimpanan (gudang). Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi permasalahan dan kendala yang terjadi dalam manajemen logistik perkebunan kelapa sawit di perusahaan tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan melibatkan metode pengambilan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Pengumpulan data dilakukan dengan sampel acak sederhana yang melibatkan 5 responden yang terkait dengan manajemen logistik di PT Surya Agrolika Reksa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses manajemen logistik di perusahaan tersebut meliputi perencanaan, pengadaan, pengelolaan, penyimpanan, pengendalian kualitas, dan pemantauan. Permasalahan dan kendala yang diidentifikasi antara lain keterbatasan data dan informasi yang akurat pada proses perencanaan, fluktuasi cuaca yang mempengaruhi ketidakpastian dalam perencanaan, ketergantungan pada pemasok tunggal dan masalah infrastruktur dalam proses pengadaan, penumpukan barang di gudang dan ketidakcocokan persediaan akibat pencampuran dengan produk lain atau kehilangan barang dalam proses pengelolaan, pemeliharaan yang tidak selalu optimal dan kurangnya sistem pengaturan barang dalam proses penyimpanan, risiko kontaminasi yang dapat terjadi karena pencampuran dengan produk lain dalam proses pengendalian kualitas, serta kurangnya aksesibilitas data secara real-time yang mempengaruhi pengambilan keputusan yang cepat dalam proses pemantauan.
Kata Kunci : Manajemen Logistik, Gudang Perkebunan Kelapa Sawit

LOADING LIST...
rimnaub567@gmail.com
Arum Ambarsari, SP., MP - Personal Name
Dr.Ir.Danang Manumono, MS (p) - Personal Name
Rimna Sitorus - Personal Name
081270854979
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2023
yogyakarta
LOADING LIST...