Ir. Sunardi, M.Si (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH PERBANDINGAN TEPUNG BERAS DAN TAPIOKA PADA PEMBUATAN TEMPE TERHADAP KARAKTERISTIK KERIPIK TEMPE


Keripik tempe adalah makanan yang berbahan pokok kedelai dan diolah menjadi tempe diiris tipis kemudian digoreng dan menghasilkan tekstur yang renyah. Keripik tempe saat ini masih perlu pengembangan dari segi bentuk dan juga cara pengolahannya. Pengolahan keripik tempe biasanya masih menggunakan cara pencelupan pada adonan tepung basah. Penelitian ini mencoba untuk memberikan cara pembuatan keripik tempe yang lebih mudah dan efisien, yaitu dengan cara menambahkan tepung beras dan tepung tapioka pada pembuatan tempe. Tempe yang sudah jadi lalu diiris tipis kemudian dicelup ke bumbu dan digoreng.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemakaian tepung beras dan tepung tapioka pada pembuatan tempe terhadap karakteristik keripik tempe, dan mengetahui perbandingan mana yang paling disukai panelis. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 2 faktor, yaitu perbandingan tepung beras dan tepung tapioka (1:1, 4:1, 7:3) dan perbandingan campuran kedua tepung dengan kedelai (1:4, 3:7, 4:6).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemakaian tepung beras dan tepung tapioka berpengaruh pada kandungan karbohidrat, dan protein, tetapi tidak berpengaruh pada total perbedaan warna, kadar air, kadar abu, dan kadar lemak. Pemakaian campuran tepung beras dan tepung tapioka dengan kedelai berpengaruh pada total perbedaan warna, protein dan karbohidrat. Uji organoleptik kesukaan menunjukkan hasil terbaik pada semua sampel dengan skor 6 yang artinya suka terhadap produk keripik tempe.
LOADING LIST...
claramelinda02@gmail.com
088220713834
NONE
Text
INSTIPER
2023
Yogyarkarta
LOADING LIST...