Dias Prasetyoko; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH PENGELOLAAN HUTAN BERSAMA MASYARAKAT (PHBM) TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA HUTAN DI BKPH KEBUMEN KPH KEDU SELATAN DIVRE JAWA TENGAH


Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM) adalah sistem Pengelolaan Sumber Daya Hutan yang dilakukan bersama oleh Perum Perhutani, masyarakat desa hutan dan pihak yang berkepentingan (stakeholder) dengan jiwa berbagi, sehingga kepentingan bersama untuk mencapai keberlanjutan fungsi dan manfaat sumberdaya hutan dapat diwujudkan secara optimal dan proporsional. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pendapatan perusahaan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa sekitar hutan.
Untuk mengetahui pengaruhnya terhadap kesejahteraan masyarakat desa sekitar hutan maka dilakukan suatu penelitian yang bertujuan untuk menganalisis aspek sosial ekonomi yang mempengaruhi pendapatan masyarakat yang ikut sebagai anggota PHBM dan menganalisis tingkat kesejahteraan masyarakat desa hutan setelah mengikuti PHBM.
Parameter yang diteliti meliputi pendapatan pekerjaan pokok, pendapatan pekerjaan sampingan, tingkat pendidikan, jumlah anggota keluarga, jam kerja dan jarak rumah dengan hutan, yang di analisis menggunakan analisis regresi linear ganda. Yang berpengaruh terhadap pendapatan yaitu pendapatan pekerjaan pokok dan pendapatan pekerjaan sampingan, sedangkan parameter yang lain tidak berpengaruh terhadap pendapatan.
Setelah dilakukan analisis tingkat kesejahteraan masyarakat desa hutan setelah mengikuti PHBM. Dengan pendapatan di dalam PHBM sebesar Rp.973.448,-/bulandan pendapatan di luar PHBM sebesar Rp. 70.862,-/bulan, disimpulkan bahwa sistem PHBM di Desa Lancar termasuk kesejahteraan tingkat III.


LOADING LIST...
diazprasetyoko@gmail.com
Dias Prasetyoko - Personal Name
Ir. Sugeng Wahyudiono, MP (P) - Personal Name
M. Darul Falah, S.Hut., MP - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2018
yogyakarta
LOADING LIST...