Nabila Hidayatuz Zahro; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KAJIAN PERLAKUAN LAMA PERENDAMAN DAN UKURAN POTONGAN BUAH TERHADAP KARAKTERISTIK PINEAPPLE INFUSED TEA


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama waktu perendaman dan mengetahui ukuran potongan buah yang paling baik sesuai dengan karakteristik pineapple infused tea yang disukai konsumen.
Penelitian ini menggunakan Rancangan Blok Lengkap (RBL) 2 faktor. Faktor pertama adalah lama waktu perendaman (A) dengan 3 taraf yaitu (A1= 3 jam), (A2= 6 jam), (A3= 9 jam). Faktor kedua adalah ukuran potongan buah nanas dengan 3 taraf yaitu (B1= 0,5 x 0,5 x 0,5 cm), (B2= 1 x 1 x 1 cm), (B3= 1,5 x 1,5 x 1,5 cm). Analisis kimia yang dilakukan yaitu aktivitas antioksidan, kadar Vitamin C, nilai pH, kadar flavonoid, kadar tanin, dan TPT (total padatan terlarut). Uji organoleptik yang dilakukan yaitu aroma, warna, dan rasa.
Lama waktu perendaman buah yang digunakan pada pineapple infused tea berpengaruh terhadap kadar tanin, kadar Vitamin C, TPT (total padatan terlarut), nilai pH, aroma, dan rasa, serta tidak berpengaruh pada aktivitas antioksidan, flavonoid, dan rasa. Sedangkan, ukuran potongan buah berpengaruh terhadap TPT (total padatan terlarut), nilai pH, dan warna, serta tidak berpengaruh pada aktivitas antioksidan, kadar flavonoid, kadar Vitamin C, aroma, dan rasa.
LOADING LIST...
nabilahidayatuzzahro2@gmail.com
089508062018
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2023
yogyakarta
LOADING LIST...