FEBRYANTO SAPUTRA; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH SUBTITUSI TEPUNG BLEWAH DAN JENIS YEAST TERHADAP KARAKTERISTIK FISIK DAN KIMIA DALAM PEMBUATAN ROTI MANIS


Penelitian ini tentang pembuatan Roti manis dengan menggunakan subtitusi tepung blewah dan 3 (tiga) jenis yeast yang berbeda, sehingga dapat diketahui pengaruh subtitusi tepung blewah dan jenis yeast terhadap karakteristik fisik dan kimia dalam pembuatan roti manis dan dapat memperoleh komposisi terbaik dalam pembuatan roti manis dengan mengunakan subtitusi tepung blewah.
Pada penelitian ini rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Blok Lengkap (RBL) dengan 2 faktor, yaitu faktor subtitusi tepung blewah dan fakor jenis yeast yang digunakan sebagai pengembang roti. Faktor subtitusi tepung blewah terdiri dari A1 = 10%, A2 = 20%, A3 = 30% dan faktor jenis yeast terdiri dari B1 = ragi basah atau padat (compressed yeast), ragi kering aktif atau koral (active dry yeast), B3 = ragi instan (instan dry yeast). Data yang diperoleh dari hasil penelitian kemudian dianalisis keragamannya untuk mengetahui perbedaan antar perlakuan. Analisa kimia yang meliputi kadar air, kadar abu, kadar protein, karbohidrat dan vitamin c serta dilakukan uji kesukaan organoleptik yang meliputi warna, aroma, tekstur, dan rasa.
Pada hasil organoleptik roti manis semua perlakuan memiliki nilai rerata yang sama yaitu berkisar antara 4,45 – 4,60 ( Netral ) sehingga pada uji organoleptik tidak ada yang begitu disukai oleh panelis. Analisis kimia memberikan pengaruh terhadap karakteristik roti manis yang dihasilkan adalah komposisi tepung blewah 30% dengan menghasilkan kadar vitamin C tertinggi dengan nilai 12,8332%.

LOADING LIST...
febrianto.saputra98@gmail.com
081996736447
NONE
Text
INSTIPER
2023
yogyakarta
LOADING LIST...