KARTI RAHAYU KUSUMANINGSIH, S.HUT, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pemanfaatan Limbah Kayu Jati dan Mahoni sebagai Pestisida Nabati untuk Mengendalikan Hama Kutu Putih (Paracoccus marginatus) pada Bibit Sengon (Falcataria moluccana)


Salah satu masalah yang dihadapi dalam budidaya bibit sengon (Falcataria moluccana) adalah rawan terhadap serangan hama, salah satunya hama kutu putih (Paracoccuss marginatus). Serangan hama kutu putih dapat mengganggu pertumbuhan bibit bahkan menyebabkan kematian, sehingga mengurangi kualitas bibit. Penggunaan pestisida nabati dengan memanfaatkan limbah jenis-jenis kayu dengan kelas awet tinggi sampai sedang seperti kayu jati (Tectona grandis) dan mahoni (Swietenia macrophylla) dapat dicoba sebagai usaha untuk mengendalikan hama kutu putih. Kandungan senyawa yang dimiliki jenis-jenis kayu tersebut seperti alkaloid, flavonoid, tanin, saponin dan fenol yang bersifat repellent dan antifeedan sehingga hama enggan untuk memakan tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis pestisida nabati dan formula larutan (%) terhadap penurunan insidensi (tingkat kejadian) dan penurunan severitas (tingkat keparahan) serangan hama kutu putih pada bibit sengon di persemaian.
Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (Randomized Blok Design) dengan menggunakan 2 faktor perlakuan yaitu jenis pestisida nabati yang terdiri atas 3 aras yaitu kontrol, esktrak serbuk kayu jati, dan mahoni. Faktor kedua formula larutan (%) yang terdiri atas 3 aras yaitu formula 10%, 20%, 30%. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah penurunan insidensi dan penurunan severitas serangan hama kutu putih pada bibit sengon setelah aplikasi pestisida nabati dari ekstrak serbuk kayu jati dan mahoni dengan berbagai formula larutan selama 5 kali penyemprotan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi antara faktor jenis pestisida nabati dan formula larutan berpengaruh nyata terhadap penurunan insidensi dan penurunan severitas serangan hama kutu putih pada bibit sengon. Jenis pestisida nabati ekstrak serbuk kayu jati dengan formula 30% memberikan hasil penurunan insidensi dan penurunan severitas yang lebih tinggi dibandingkan ekstrak serbuk kayu mahoni yaitu masing-masing 89,32% untuk penurunan insidensi dan 94,44% untuk penurunan severitas.
LOADING LIST...
atsyadru04@gmail.com
082349746174
NONE
Text
INSTIPER
2023
Yogyakarta.
LOADING LIST...