Ir. Surodjo Taat Andayani, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pertumbuhan Semai Pelita (Eucalyptus pellita) pada Berbagai Perlakuan Dosis Pupuk NPK Dengan Sistem Hidroponik NFT


Eucalyptus pellita merupakan jenis tanaman yang banyak dikembangkan pada Hutan Tanaman Industri (HTI) sebagai bahan baku pulp dan kertas. Tanaman ini dipilih karena memiliki karakteristik cepat tumbuh dan mudah beradaptasi di lingkungan. Pertumbuhan tanaman Eucalyptus pellita memerlukan unsur hara yang akan diserap oleh tanaman. Penambahan pupuk NPK pada media bertujuan untuk memperkaya kandungan unsur hara pada media tanam. Pupuk pendukung untuk pertumbuhan semai menggunakan nutrisi AB mix yang diaplikasikan menggunakan metode fertigasi pada sistem hidroponik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dosis pupuk dasar NPK yang baik terhadap pertumbuhan semai Eucalyptus pellita dengan sistem hidroponik.
Penelitian ini menggunakan percobaan dengan satu faktor perlakuan yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL). Faktor tersebut adalah pengaruh dosis pupuk NPK terhadap pertumbuhan semai Pelita dengan sistem hidroponik. Perlakuan 5 dosis pupuk NPK yaitu (P1) dosis pupuk 0 kg/m³, (P2) dosis pupuk 1,25 kg/m³, (P3) dosis pupuk 2,50 kg/m³, (P4) dosis pupuk 3,75 kg/m³ dan (P5) dosis pupuk 5,00 kg/m³. Parameter yang digunakan yaitu persentase hidup semai, tinggi semai, diameter semai, jumlah daun, panjang akar primer dan indeks kekokohan semai.
Hasil penelitian menunjukkan persentase hidup semai 100%. Perlakuan dosis pupuk NPK berpengaruh nyata terhadap tinggi semai, jumlah daun dan diameter semai, sedangkan tidak berpengaruh nyata terhadap persentase hidup, panjang akar primer, indeks kekokohan semai. Semai pelita pada semua perlakuan dosis pupuk NPK memenuhi kriteria mutu bibit pada SNI 8420 : 2018. Perlakuan dosis pupuk 5 kg/m3 merupakan dosis terbaik untuk pertumbuhan semai pelita.

Kata Kunci : Eucalyptus pellita, pupuk NPK, pertumbuhan semai.
LOADING LIST...
kenghea459@gmail.com
085855031396
NONE
Text
INSTIPER
2023
YOGYAARTA
LOADING LIST...